Thursday, 22 October 2015

RPP SENI RUPA KELAS 7 SEMESTER I (KUR. 2013)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan     :           SMP Negeri 4 Surakarta
Kelas                          :            VII (tujuh)
Semester                   :           Ganjil
Mata Pelajaran         :           Seni Budaya (Rupa)
Alokasi Waktu            :           2x 40 menit x (4 pertemuan)
Topik                         :           Menggambar Flora, Fauna dan alam benda
                                                 


A.   KOMPETENSI INTI
1.      Menerima, menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi internal,  toleransi,  pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi secara efektif  dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait  penomena dan kejadian yang tampak mata.
  1. Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.    Kompetensi Dasar dan Indikator
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
1.1   Menerima, menanggapi dan
menghargai keragaman  dan keunikan karya seni rupa daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan 

1.1.1         Menerima keragaman dan keunikan karya gambar gambar flora, fauna dan alam benda sebagai anugerah Tuhan
1.1.2         Menanggapi keragaman dan keunikan karya gambar flora ,fauna dan alam benda  sebagai anugerah Tuhan
1.1.3         Menghargai keragaman dan keunikan karya gambar flora, fauna dan alam benda sebagai anugerah Tuhan
2.1  Menunjukkan sikap  menghargai,   jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung
 jawab, peduli, santun  terhadap karya  seni rupa dan pembuatnya

2.3 Menunjukkan sikap  percaya diri ,
motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
2.1.1          Menghargai orang lain dalam mengapresiasi dan berkarya gambar flora,fauna dan alam benda
2.1.2          Bersikap jujur dalam mengapresiasi dan berkarya gambar flora,fauna dan alam benda
2.1.3          Bersikap disiplin dalam mengapresiasi dan berkarya gambar flora,fauna dan alam benda
3.1 Memahami  konsep dan prosedur menggambar flora, fauna dan benda alam

3.1.1         Mengidentifikasi unsur-unsur gambar gambar flora , fauna dan alam benda
3.1.2         Mengidentifikasi prosedur berkarya gambar flora , fauna dan alam benda
4.1 Menggambar flora, fauna dan benda alam

4.1.1         Menggambar flora , fauna dan alam benda berdasarkan pengamatan objek dengan teknik kering
4.1.2         Menyajikan gambar flora, fauna dan alam benda dalam diskusi di kelas

C.      Tujuan Pembelajaran

1.          Kompetensi Sikap Spiritual:
1.1.1.1 Bersemangat dalam mempelajari keragaman dan keunikan gambar flora, fauna dan alam benda sebagai anugerah Tuhan
1.1.2.1 Serius dalam mempelajari keragaman dan keunikan gambar flora, fauna dan alam benda sebagai anugerah Tuhan sebagai anugerah Tuhan.
2. Kompetensi Sikap Sosial:
2.1.1.1 Tidak menyontek dalam mengerjakan tes.
2.1.2.1 Mengakui kekurangan yang dimiliki.
2.1.3.1 Membawa perlengkapan belajar yang diperlukan dalam pembelajaran seni rupa.
2.1.4.1 Melaksanakan kegiatan berlatih menggambar secara individu  dengan tertib.
3. Kompetensi Pengetahuan dan Ketrampilan:
Pertemuan Kesatu
Setelah mengikuti proses pembelajaran peserta didik dapat:
3.1.1.1 menjelaskan pengertian menggambar flora;
3.1.2.1 menjelaskan pengertian menggambar fauna;
3.1.2.2 menjelaskan pengertian menggambar alam benda ;

Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti proses pembelajaran peserta didik dapat:
4.1.1.1. Bersikap disiplin dalam menggambar flora, fauna dan alam benda;
4.1.1.2  Bersikap disiplin dalam menanggapi karya gambar flora, fauna dan alam benda
4.1.1.3   Mengidentifikasi unsur-unsur gambar flora, fauna dan alam benda dengan benar;
4.1.1.4  Mengidentifikai prosedur dan teknik menggambar flora, fauna dan alam benda   
             dengan benar;
4.1.1.5  Menggambar flora, fauna dan alam benda dengan teknik teknik kering
4.1.1.6  Menghargai orang lain dalam menggambar  flora, fauna dan alam benda
4.1.1.7  Menghargai orang lain dalam menanggapi karya gambar flora, fauna dan alam benda

D.    MATERI PEMBELAJARAN

Materi pembelajaran berkenaan dengan penjelasan tentang:

1.                     Cara-cara mengeksplorasi (Observasi, bertanya) tentang menggambar flora, fauna dan benda alam
Pengertian Menggambar
Gambar merupakan bahasa yang universal dan dikenal jauh sebelum manusia mengenal  tulisan.
Menggambar merupakan aktivitas mental dan fisik yang dituangkan dalam bentuk goresan tangan, pada media dua dan tiga dimensi. Dengan menggunakan imajinasi dan perasaan melalui alat gambar seperti:pensil, bolpoin,krayon, dan alat lain yang dapat digunakan untuk menulis.
Menggambar dapat juga diartikasebagai bentuk kegiatan seni rupa yanmelibatkan gagasan dan imajinasi dalam media dua dan tigdimensdengan memperhatikan proporsi, komposisi, keseimbangan, dan gelap terang.

Objek Menggambar
Objek gambar bisa diambil dari alam seperti flor(tumbuhan),fauna(hewan),dan bentuk-bentuk alam benda yang dibuat manusia atau benda yang sudah ada sebelumnydi alam seperti batu,air,dan awan.


2.                     Cara-cara merencanakan (asosiasi) tentang menggambar flora, fauna , benda alam dengan memeperhatikan:

a.      Komposisi
Komposisi dalam menggambar dapat dibeda- kan dalam dua bentuk,  yaitu: simetris dan asi- metris.  Komposisi  simetris  apabila objek  yang akan digambar  memiliki  proporsi  dan keseim- bangan bentuk yang sama juga disusun sama. Komposisi  asimetris jika objek gambar memiliki proporsi bentuk yang sama, tetapi keseimbangan berbeda, namun tetap  memperhatikan keseim- bangan dan keindahan.

b.      Teknik
 Biasakan sebelum menggambar buatlah sketsa terlebih dahulu agar gambar memiliki komposisi, proporsi, dan keseimbangan yang baik.  Beberapa  tahapan yang harus dilakukan pada saat menggambar sebagai berikut.
1. Mengetahui bentuk  dasar dari  objek  yang akan digambar
2. Mengetahui bagian-bagian dari objek gambar
3. Menyusun  atau  menyambung  bagian  per bagian menjadi
    gambar yang utuh
4. Memberikan dimensi gelap terang baik hitam putih atau berwarna
5. Memberi kesan untuk latar belakang
Pertama kali menggambar sebaiknya tidak perlu tergesa-gesa untuk memiliki kemiripan bentuk  sesuai dengan  objek  yang digambar. Kamu harus berlatih dan sabar sampai meng- uasai bentuk  dasar bagian-bagian  dari  objek yang digambar.  Mulailah berlatih  dari  bentuk flora, fauna, dan benda buatan manusia yang paling sederhana dan bisa digambar.

3.                     Cara-cara membuat (eksperimenting atau mencoba) tentang menggambar flora, fauna dan benda alam
Cara Menggambar Flora (tumbuhan)
Flora (tumbuhan) memiliki banyak bentuk dan jenisnya. Setiap bagian  dapat  digunakan  sebagai objek  gambar  seperti  bentuk daun, bunga,  dan  buah. Bagian flora seperti  daun, bunga,  dan buah dapat  juga digambar terpisah atau digabung  menjadi satu rangkaian. Menggambar flora dapat memberikan pemahaman tentang keanekaragaman bentuk dan jenis flora yang ada di sekitarmu sehingga kamu bisa menjaga sekaligus melestarikannya.

Cara Menggambar Fauna
Fauna (hewan) memiliki  jenis yang berbeda­beda,  ada  yang berkaki empat, seperti sapi, kambing, berkaki dua seperti ayam, bebek. Ada hewan yang hidup di air dan di darat. Hewan juga ada yang bersifat galak dan jinak. Setiap hewan memiliki bentuk badan yang berbeda­beda.  Kamu bisa  menggambar  hewan mulai dari badannya, kemudian berlanjut kepala, kaki atau cakarnya. Bentuk- bentuk geometris akan membantu dalam membuat gambar hewan agar lebih mudah dan tentunya diawali dengan sketsa.

Cara Menggambar Alam Benda
Menggambar  alam benda  disebut  juga menggambar  bentuk. Alam benda dapat terdiri atas benda buatan manusia dan benda yang sudah terbentuk dari alam. Alam benda buatan manusia dapat berupa kendi, piring, mangkuk, gelas, dan beraneka ragam bentuk lainnya. Alam benda yang terdapat di alam seperti batu, batang kayu, air, dan juga awan.
Pada saat menggambar bentuk, sebaiknya kamu memperhatikan
beberapa hal berikut ini.
1. Proporsi bentuk benda yang akan digambar
2. Komposisi dalam meletakkan benda
3. Cahaya yang menyinari objek  gambar  dan  akan membentuk
          bayangan
4. Penggunaan arsiran atau warna yang akan membentuk kesan
          bidang tiga dimensi.
5. Penggunaan latar belakang (background)
4.                     Cara-cara mempublikasikan (networking/ jejaring) tentang menggambar flora, fauna dan benda alam

Karya siswa yang sudah selesai dikumpulkan kemudian diapresasi oleh siswa di kelas masing-masing untuk diberikan penilaian serta  dijelaskan oleh guru tentang kekurangannya.

E.      PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN

1.      Pendekatan : Pendekatan Scientific
2.      Model Pembelajaran : Model pembelajaran based projek.

F.       ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Menggambar model dilakukan dengan menggunaan media, alat, dan sumber belajar sebagai berikut:
1.      Media              : Kertas A3, contoh gambar flora, fauna dan alam benda,  LCD
2.      Alat                  :  Pensil HB, 2B, dan pensil warna, pastel
3.      Sumber Belajar : (1)Buku sumber pembelajaran untuk siswa SMP mata pelajaran Seni BudayaKurikulum 2013 edisi revisi 2014 Penerbit Kemendikbud, Jakarta, 2014; (2) Sumber media internet; (3)Sumber media masa (TV, Koran, majalah, dll); (4) Moment pagelaran dan pameran di lokal maupun nasional; (5) Kegiatan kesenian di lingkungan setempat, dll.



G.   SKENARIO (LANGKAH-LANGKAH) PEMBELAJARAN


KEGI
ATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Kegiatan Awal
Kegiatan awal pembelajaranoleh guru dapat melakukan aktivitas berikut:
1.      Guru membuka pembelajaran seni budaya (rupa) dengan mengucapkan salam, mengabsen dan menanyakan keadaaan kelas.
2.      Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran seni rupa pada bulan ini, yakni untuk berkarya tentang prosedur menggambar flora, fauna dan benda alam (sesuai dengan tiap pertemuan)
3.      Guru berupaya memotivasi para siswa kelas VII untuk yakin diri dapat membuat karya seni rupa tentang prosedur menggambar flora, fauna dan benda alam
10  MENIT
Kegiatan inti

Kegiatan inti pembelajaran oleh guru dapat melakukan aktivitas berikut:

Pertemuan 1
1.      Pembagian Perorangan/kelompok siswa SMP kelas VII menjadi 4(empat) kelompok. Pembagian kelompok ditentukan oleh siswa dengan mengutamakan kepedulian antar teman yang dibantu oleh guru.
2.      Masing-masing kelompok membuat komitmen untuk bekerja sama yang diwujudkan dalam bentuk berbagi tugas yang seimbang antarsiswa.
3.      Masing-masing kelompok menyusun strategi dan cara kerja eksplorasi tentang prosedur menggambar flora, fauna dan benda alam dengan berbagai sumber belajar agar optimal.
4.      Masing-masing siswa mendiskusikan alokasi waktu penyelesaian mengenai tugas eksplorasi tentang prosedur menggambar flora, fauna dan benda alam
5.      Guru memposisikan diri sebagai mentor dan mendampingi  kelompok siswa yang kesulitan dalam melaksanakan ekplorasi tentang prosedur  menggambar flora, fauna dan benda alam



60  menit



Pertemuan 2
1.      Guru memberi penguatan untuk memanfaatkan hasil eksplorasi masing-masing kelompok siswa kelas VIIuntuk mewujud menjadi rancangan karya / desain / sketsa tentang menggambar flora, fauna dan benda alam.
2.      Masing-masing siswakelas VII dalam kelompoknya mengumpulkan dan  mendiskusikan hasil eksplorasi  para anggotanya untuk menjadi rancangan karya / desain / sketsa tentang menggambar flora, fauna dan benda alam
3.      Para anggota kelompok secara aktif memilih dan menentukan satu karya seni rupayang akan dirancang / didesain / dibuat sketsa tentang menggambar flora, fauna dan benda alam
4.      Melaksanakan pembuatan desain / sketsa tentang menggambar flora, fauna dan benda alam dengan memperhatikan semua ide / gagasan keseluruhan anggota kelompok.
5.      Guru memposisikan diri sebagai  mentor dan mendampingi kelompok siswa kelas VII yang kesulitan dalam membuat rancangan karya / desain / sketsa tentang menggambar flora, fauna dan benda alam

60  menit




Pertemuan 3
1.      Guru memberi penguatan pembelajaran, agar rancangan karya / desain / sketsa tentang menggambar flora, fauna dan benda alamminggu terdahulu diwujudkan dalam karya seni rupa yang jadi.
2.      Masing-masing kelompok siswa kelas VII menyiapkan peralatan dan bahan  berkarya seni rupa tentang menggambar flora, fauna dan benda alam.
3.      Setiap siswa berdisiplin dan berperan aktif di kelompoknya masing masing untuk mewujudkan  karyaseni rupatentang menggambar flora, fauna dan benda alam.
4.      Semua anggota kelompok bekerja sama untuk menyelesaikan karya seni rupa / memfinishing  tentang menggambar flora, fauna dan benda alam dengan rasa penuh tanggung jawab.
5.      Guru memposisikan diri sebagai  mentor dan mendampingi kelompok siswa yang kesulitan dalam  mewujudkan karyaseni rupa tentang menggambar flora, fauna dan benda alam

60  menit









Pertemuan 4
1.      Guru memberi penguatan agar hasil karya seni rupa yang sudah dihasikan tentang menggambar flora, fauna dan benda alam segera dipublikasikan/dipamerkan.
2.      Masing-masing kelompok aktif mendiskusikan tentang informasi tentang media, cara dan tempat untuk mempublikasikan/ memamerkan karya seni rupa yang telah dibuatnya kepada orang lain.
3.      Masing-masing individu bekerja sama membuat jejaring (networking) dengan cara  mengundang/mengupload/ facebook, internet, dll.,  kepadasiswa kelas/para guru dan kepala sekolah/para orang tua/khalayak umum/dll.,   untuk mendapat diapresiasi.
4.      Masing-masing siswa bertanggung jawab dengan cara berbagi tugas untuk kesuksesan publikasi/pameran karya seni rupayang telah dibuat.
5.      Guru memposisikan diri sebagai mentor dan mendampingi kelompok siswa Kelas VII yangkesulitan dalam melaksanakan publikasi/pameran  karyaseni rupa kepada orang lain.


60  menit

Kegiatan Penutup

Kegiatan penutup pembelajaran oleh guru dapat melakukan aktivitas berikut:

1.      Guru melaksanakan tindak lanjut pembelajaran di kelas VII SMP dengan cara memberi pengumuman untuk lanjutkan pada tahap merancang, membuat, mempublikasi karya seni rupa pada minggu berikutnya.
2.      Guru dan siswa Kelas VII melaksanakan evaluasi pembelajaran dengan cara penilaian kinerja, penilaian projek, penilaian portofolio dan penilaian laporan.
10 menit



H.     EVALUASI PEMBELAJARAN

1.      Penilaian kinerja siswa (aktivitas belajar)
2.      Penilaian hasil projek (hasil belajar berkarya)
3.      Penilian fortopolio (sikap belajar mnghargai/apresiasi)







Lampiran-1a

A.      Penilaian
1.       Sikap spiritual
a.         Teknik Penilaian                      : Penilaian diri
b.         Bentuk Instrumen                                  : Skala
c.          Kisi-kisi                                        :

No.
Sikap/nilai
No. Butir
  1.  
Menerima dengan baik keragaman dan keunikan karya gambar flora, fauna, dan alam benda sebagai anugerah Tuhan
1 (a, b, c)

       2.             
Menghargai keragaman dan keunikan karya gambar flora, fauna, dan alam benda sebagai anugerah Tuhan
2 (a, b, c)

        Instrumen Penilaian Sikap Spiritual

        Nama                            : ______________________________
        Kelas                             : ______________________________

        Petunjuk
        Berilah tanda silang (X) sesuai dengan pendapat Anda. (Diisi oleh peserta didik)

Pernyataan
Pilihan
STS
TS
S
SS
1.       Keunikan dan keragaman karya gambar flora,  merupakan anugerah Tuhan yang patut ….




a.         diterima.




b.        dihargai.




2.     Keunikan dan keragaman karya gambar fauna/hewan merupakan anugerah Tuhan yang patut ….




a.         diterima.




b.        dihargai.




3.    Keunikan dan keragaman karya gambar alam benda merupakan anugerah Tuhan yang patut ….




a.         diterima.




b.        dihargai.





        Keterangan
        SS     =   Sangat Setuju, skor = 4
        S        =   Setuju, skor = 3
        TS     =   Tidak Setuju, = 2
        STS   =   Sangat Tidak Setuju =
        Pedoman Penskoran:
 Untuk setiap aspek nilai, pilihan berkisar dari “sangat tidak setuju” dengan skor 1 sampai    “sangat setuju” dengan skor 4, maka untuk keenam butir jumlah skor yang diperoleh  berkisar antara 6 sampai 24.
b.       Sikap sosial
a.         Teknik Penilaian                             : Pengamatan
b.        Bentuk Instrumen                         : Lembar Observasi
c.         Kisi-kisi                                               :
       


Penilaian sikap sosial untuk diskusi
No.
Nilai
Deskripsi
No. Butir
1
Menghargai orang lain
Menghargai orang lain pendapat orang lain
1
2
Jujur
Mengekspresikan gagasan dengan jujur
2
3
Disiplin
Mengikuti kegiatan diskusi dengan disiplin
3

        Penilaian sikap sosial dalam untuk kegiatan menanggapi karya dan berkarya
        Objek gambar: Model
No.
Nilai
Deskriptor
No. Butir
  1.  
Menghargai orang lain
Menghargai orang lain dalam menanggapi karya gambarflora, fauna dan alam benda   
1
Menghargai orang lain dalam menggambar flora, fauna dan alam benda
2
  1.  
Jujur
Menunjukkan sikap jujur dalam menanggapi karya gambar flora, fauna dan alam benda
3
Menunjukkan sikap jujur dalam menggambar flora, fauna danalam benda
4
  1.  
Disiplin
Bersikap disiplin dalam menanggapi karya gambar flora, fauna dan alam benda
5
Bersikap disiplin dalam menggambar flora, fauna dan alam benda
6

Lembar Pengamatan Sikap Sosial untuk Kegiatan Menanggapi Karya dan      Berkarya

        Nama                            : ______________________________
        Kelas                             : ______________________________

        Petunjuk:
        Berilah tanda silang (X) sesuai dengan kondisi peserta didik. (Diisi oleh guru)

No.
Pernyataan
Pilihan
Ya
Tidak
   1.             
Menghargai orang lain dalam menanggapi karya gambar flora, fauna dan alam benda


   2.             
Menghargai orang lain dalam menggambar flora, fauna dan alam benda


   3.             
Bersikap disiplin dalam menanggapi karya gambar flora, fauna dan alam benda


   4.             
Bersikap disiplin dalam menggambar flora, fauna dan alam benda



        Pedoman Penskoran:
        Pilihan “Ya” diberi skor 1, sedangkan pilihan “Tidak” diberi skor 0. Karena soal
        berjumlah 4 butir, maka jumlah skor berkisar antara 0 sampai 4.
     
c.         Pengetahuan
              a.     Teknik Penilaian                               : Tes Objektif
              b.      Bentuk Instrumen                          : Tes isian singkat
               c.      Kisi-kisi                                                :
No.
Indikator
No. Butir
  1.  
Mengidentifikasi unsur-unsur gambar flora, fauna dan alam benda
1-4
  1.  
Mengidentifikasi prosedur dan teknik menggambar flora, fauna dan alam benda dengan benar
6-10






        Instrumen Penilaian Pengetahuan

        Nama            : ______________________________
        Kelas             : ______________________________

        Soal :
        Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban singkat!
1.         Objek … berupa beragam tumbuh-tumbuhan.
2.         Objek … berupa beragam binatang.
3.         Objek … berupa beragam benda mati.
4.         Susunan atau letak objek-objek dalam karya gambar disebut ….
5.         Perbandingan antara satu bagian dengan bagian lain pada bentuk suatu objek disebut ….
6.         Penampakan benda dari sudut pandang orang yang menggambar disebut ….
7.         Pensil, pensil warna, bolpoin, dan krayon merupakan bahan teknik ….
8.         Cat air dan cat poster merupakan bahan teknik ….
9.         Tahap awal menggambar objek objek secara bagan disebut ….
10.      Membuat kesan gelap-terang dengan teknik kering pada gambar disebut teknik ….
        Kunci Jawaban :
1.          Model
2.          Fauna
3.          Alam benda
4.          Komposisi
5.          Proporsi
6.          Perspektif
7.          Kering
8.          Basah
9.          Melakar
10.      Arsir

       


Pedoman Penskoran:
Setiap jawaban benar diberi skor 1, sedangkan jawaban salah diberi skor 0. Karena soal  berjumlah 10 butir, maka jumlah skor berkisar antara 0 sampai 10.
d.       Keterampilan
a.    Teknik Penilaian                 : Tes praktik
b.    Bentuk Instrumen             : Tes uji petik kerja
c.     Kisi-kisi                                     :
No.
Indikator
No. Butir
  1.  
Menggambar model dengan baik
1
  1.  
Menggambar fauna dengan baik
2
  1.  
Menggambar alam benda dengan baik
3

        Instrumen Penilaian Keterampilan

        Nama            : ______________________________
        Kelas             : ______________________________
        Soal:
Gambarlah sebuah objek model dengan ketentuan sebagai berikut:
Objek                   : Bunga, buah, atau umbi yang terdapat di lingkunganmu
Bahan/alat           : Pensil warna, krayon, atau cat air
Ukuran kertas     : A4
Waktu                  : 80 Menit

        Rubrik Penilaian Menggambar         
        Objek : Model          
No.
Aspek yang dinilai

Kriteria

1

2

3

4

1
Ketepatan bentuk

 

 

 

 

2
Komposisi

 

 

 

 

3
Proporsi

 

 

 

 

4
Teknik

 

 

 

 


        Keterangan:
A = Sangat Baik
B = Baik
C = Cukup
D = Kurang 
(* coret yang tidak perlu )


Pedoman penskoran

















No.
Aspek yang dinilai

Kriteria

Skor

1

2

3

4

1
Ketepatan bentuk

 

 

 

 

(1 – 4)

2
Komposisi

 

 

 

 

(1 – 4)

3
Teknik

 

 

 

 

(1 – 4)

Jumlah

(3 – 12)

Untuk setiap aspek yang dinilai, pilihan berkisar dari “kurang” dengan skor 1 sampai “sangat baik” dengan skor 4, maka untuk ketiga butir jumlah skor yang diperoleh berkisar antara 3 sampai 12.


                                                                                                         Surakarta,   Juli  2014



Mengetahui,                                                                                               Guru Mata pelajaran
SMP Negeri 4 Surakarta                                                                                     Seni Budaya



Endang Mangularsih, S.Pd.,MM.,M.Pd                                                                   Riyadi, S.Pd.
NIP : 19590308 197903 2003                                                                       NIP 19660714 200801 005


No comments:

Post a Comment