RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
: SMP N
|
Mata Pelajaran
|
:
|
: Seni Budaya ( Seni Rupa )
|
Kelas/Semester
|
:
|
: 9 / I
|
Alokasi Waktu
|
:
|
: 3 pertemuan (9 jp )
|
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami,
menerapkan,dan
menganalisispengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan
rasaingin tahunyatentangilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humanioradengan
wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,dan peradaban
terkaitpenyebab fenomenadan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural padabidangkajian
yangspesifik sesuai
dengan bakat dan minatnyauntuk memecahkan
masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyajidalam
ranah konkret dan
ranahabstrak
terkait
dengan pengembangan dari yangdipelajarinyadi sekolah
secaramandiri, bertindak
secara efektif dankreatif,serta
mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1.1Menerima,
menanggapi dan menghargai keragaman dan
keunikan karya seni rupa modern sebagai
bentuk rasa syukur terhadap anugerah
Tuhan
2.1Menunjukkan
sikap menghargai,jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2Menunjukkan
sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3Menunjukkan
sikap percaya diri , motivasi internal ,
kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1.Memahami
konsep dan prosedur karya seni
lukis dengan beragam media dan teknik
4.1.Membuat karya seni lukis dengan beragam media dan
teknik
C. Indikator
1.1.1.
Berdoa bersama-sama sebelum memulai pelajaran
1.1.2 Berdoa bersama-sama setelah selesai pelajaran
1.1.3.
Menjawab salam guru
2.1.1.
Menghargai orang lain dalam mengapresiasi lukisan
2.3.1. Bersikap disiplin dalam mengapresiasi dan berkarya lukisan
2.3.2. Mengidentifikasi keragamanperistiwa pada di lingkungan sekitar
3.2.1 Mengidentifikasi keunikan karya seni lukis
4.2.1. Membuat karya lukis sederhana berdasarkan pengamatan objek dengan teknik arsir
4.2.2Menkomunikasikan
hasil karya lukis didepan kelas dan di jejaring sosial
D. Materi Pembelajaran
Pertemuan 1
a.
KegiatanPendahuluan ( 10 menit )
1)
Guru mengucapkan salam dan
membimbing peserta didik berdoa dilanjutkan memeriksa kehadiran peserta didik.
2)
Guru menayangkan gambarlukisan
lewat LCD proyektoruntuk mendorong peserta didik memberi tanggapan awal
tentang isi tayangantersebut.
3)
Guru melakukan tanya jawab tentang
gambar lukisyang sesuai pengetahuan awal
peserta didik.
4)
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran dan cakupan materi.
b. Kegiatan inti (25 menit)
1)
Mengamati
Peserta didik menyaksikan gambar lukis.
2)
Menanya
Peserta didik merumuskan
pertanyaan-pertanyaan terkait gambar lukis.
3)
Mencoba/Mengumpulkan Data/Informasi
Peserta didik membaca Buku Siswa
dan sumber-sumber yang lain untuk menemukan pengertian seni lukis.
4)
Mengasosiasi/Menganalisis Data/Informasi
Peserta didik mengumpulkan data
yang diperoleh melalui membaca dan diskusi kelompok untuk menjawab
pertanyaan-pertanyaan sekitar
membuat lukis.
5)
Mengkomunikasikan
Peserta didik mempresentasikan eksplorasi karya lukisnya di depan kelas secara kelompok dan kelompok lain menanggapi
c. Penutup (5 menit)
1) Guru bersama-sama peserta didik
menyimpulkan pengertian lukis.
2) Guru bersama-sama peserta didik
melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3) Guru memberikan tugas rumah
berlatih membuat karyalukis.
4) Peserta didik mencatat informasi
guru tentang kegiatan pembelajaran berikutnya.
5) Guru membimbing peserta didik
berdoa dan mengucapkan salam
E.Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pertemuan ke Satu
Kegiatan
Pembelajaran
|
Diskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
mengkondisikan suasana belajar
yang menyenangkan
2.
Guru memberi salam, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa
3.
Memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
4.
Guru Apersepsi: menunjukkan contoh gambar karya lukis
5.
Menyampaikan tujuan pembelajaran
6.
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh
(pemberian masalah, penugasan individu, pembahasan disertai Tanya jawab dan
penarikan kesimpulan)
7.
Guru menyampaikan teknik
penilaian yang akan dilakukan selama pembelajaran.
|
10
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
Guru menampilkan gambar karya lukis.Guru meminta
siswa untuk mengamati(Observing)
Menanya
Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan yang berhubungan
dengan tayangan tentang pengertian lukis
Mengumpulkan
Informasi
1.
Membentuk kelompok diskusi yang
masing-masing beranggotakan 2-4 anak secara
heterogen.
2.
Guru membagikan lembar kerja
untuk didiskusikan tiap-tiap kelompok
3.
Siswa diberi kesempatan untuk
berdiskusi dengan anggota kelompoknya untuk memahami data tentang pengertian,
prosedur, dan teknik membuat lukis.
4.
Mengumpulkan data tentang prosedur, dan teknik membuat lukis dengan membaca buku siswa,
mengamati contoh lukis.
5.
Guru sebagai fasilitator
mengamati kerja secara bergantian dan memberikan bantuan secukupnya jika
diperlukan. Guru sebagai fasilitator menngingatkan setiap siswa supaya
menerapkan ketrampilan kooperatif dalam bekerja, selalu mrnghargai pendapat
orang lain, dan memberikan kesempatan kepada siswa lain yang menemukan idea
sendiri dan menjawab pertanyaan siswa
6.
Selama proses berlangsung, guru mengamati
kerja siswa dan menilai sikap siswa
Mengasosiasi
1.
Guru meminta agar semua peserta
didik untuk ikut aktif dan bekerja sama dalam pelaksanaan diskusi untuk
menganalisis masalah
untuk menyimpulkan pengertian, prosedur, dan teknik membuat lukis.
2.
Siswa berdiskusi masalahlukis yang diberikan guru
Mengkomunikasikan
hasil
Siswa diberi kesempatan untuk menyimpulkan dan mempresentasikan hasil
diskusi kelompok didepan kelas
|
70
|
Penutup
|
1.
Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan
pemahaman tentang pengertian, prosedur, dan teknik membuat lukis
2. Guru bersama-sama
peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang
telah dicapai.
3.
Guru memberikan tugas individual
untuk menyiapkan bahan dan alat untuk pelaksanaan pembelajaran berikutnya
yakni menggambar desain lukis.
4.
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan
pesan untuk tetap belajar dan mengucapkan salam
|
10
|
2.
Pertemuan ke dua
Kegiatan
Pembelajaran
|
Diskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru mengkondisikan suasana
belajar yang menyenangkan
2.
Guru memberii salam,
3.
Memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
4.
Apersepsi: menunjukkan contoh gambar desain lukis untuk membangkitkan minat
peserta didik
5.
Menyampaikan tujuan pembelajaran
6.
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh
(pemberian masalah, penugasan individu, pembahasan disertai Tanya jawab dan
penarikan kesimpulan)
7.
Guru menyampaikan teknik
penilaian yang akan dilakukan selama pembelajaran.
|
10
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
Guru Menampilkan contoh gambar desain lukis cerita,Guru meminta
siswa untuk mengamati(Observing),
Menanya
Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan yang berhubungan
dengan tehnik dan prosedur menggambar desain lukis
Mengumpulkan
Informasi
1.
Membentuk kelompok diskusi yang
masing-masing beranggotakan 2-4 secara heterogen.
2.
Guru membagikan lembar kerja
untuk didiskusikan tiap-tiap kelompok
3.
Siswa diberi kesempatan untuk
berdiskusi dengan anggota kelompoknya untuk memahami data tentang prosedur, dan
teknik desain lukis.
4.
Mengumpulkan data tentang prosedur, dan teknik
menggambar desain lukisdengan membaca buku siswa,dan mengamati contoh gambar desain lukis.
5.
Guru sebagai fasilitator
mengamati kerja peserta didik secara bergantian dan memberikan bantuan
secukupnya jika diperlukan. Guru sebagai fasilitator menngingatkan setiap
siswa supaya menerapkan ketrampilan kooperatif dalam bekerja, selalu
mrnghargai pendapat orang lain, dan memberikan kesempatan kepada siswa lain
yang menemukan ide kelompoknya sendiri dan menjawab pertanyaan siswa jika
merupakan pertanyaan kelompok.
6.
Selama proses berlangsung, guru
mengamati kerja siswa dan menilai sikap siswa
Mengasosiasi
1.
Guru meminta agar semua anggota
kelompok untuk ikut aktif dan bekerja sama dalam pelaksanaan diskusi untuk
menganalisis masalah
untuk menyimpulkan prosedur, dan teknik gambar desain lukis.
2.
Siswa secara berdiskusi masalah
yang diberikan guru
Mengkomunikasikan
hasil
Siswa diberi kesempatan untuk menyimpulkan dan mempresentasikan hasil
diskusi kelompok didepan kelas
|
70
|
Penutup
|
1. Guru bersama-sama
peserta didik menyimpulkan pemahaman tentang
prosedur, dan teknik gambar desain lukis.
2. Guru bersama-sama
peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang
telah dicapai.
3.
Guru memberikan tugas individu
untuk menyiapkan bahan dan alat untuk pelaksanaan pembelajaran berikutnya.
4.
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan
pesan untuk tetap belajar dan mengucapkan salam
|
10
|
3.
Pertemuan ke tiga
Kegiatan
Pembelajaran
|
Diskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru mengkondisikan suasana
belajar yang menyenangkan
2.
Guru memberii salam,
3.
Memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
4.
Apersepsi: menunjukkan contohgambarlukisuntuk membangkitkan minat
peserta didik
5. Menyampaikan tujuan
pembelajaran
6.
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh
(pemberian masalah, penugasan individu, pembahasan disertai Tanya jawab dan
penarikan kesimpulan)
7.
Guru menyampaikan teknik
penilaian yang akan dilakukan selama pembelajaran.
|
10
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
Guru
Menampilkan contoh gambar
lukis meminta siswa
untuk mengamati(Observing),
Menanya
Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan yang berhubungan
dengan tehnik dan prosedur membuat lukis.
Mengumpulkan Informasi
1.
Membentuk kelompok diskusi yang
masing-masing beranggotakan 2-4 secara heterogen.
2.
Guru membagikan lembar kerja
untuk didiskusikan tiap-tiap kelompok
3.
Siswa diberi kesempatan untuk
berdiskusi dengan anggota kelompoknya untuk memahami data tentang prosedur, dan
teknik membuat lukis.Mengumpulkan data tentang prosedur, dan teknik membuat lukisdengan membaca buku siswa,dan
mengamati contoh pada buku siswa.
4.
Guru sebagai fasilitator
mengamati kerja peserta didik secara bergantian dan memberikan bantuan
secukupnya jika diperlukan. Guru sebagai fasilitator menngingatkan setiap
siswa supaya menerapkan ketrampilan kooperatif dalam kerja kelompok, selalu
mrnghargai pendapat orang lain, dan memberikan kesempatan kepada siswa lain
yang menemukan ide kelompoknya sendiri dan menjawab pertanyaan siswa jika
merupakan pertanyaan kelompok.
5.
Selama proses berlangsung, guru
mengamati kerja siswa dan menilai sikap siswa
Mengasosiasi
1.
Guru meminta agar semua anggota
kelompok untuk ikut aktif dan bekerja sama dalam pelaksanaan diskusi untuk
menganalisis masalah
untuk menyimpulkan prosedur, dan teknik membuat lukis.
2.
Siswa secara bekerja sama dalam
mengerjakan tugas yang diberikan guru
Mengkomunikasikan
hasil
Siswa diberi kesempatan untuk
menunjukan hasil kerja kelompok didepan kelas
|
70
|
Penutup
|
1. Guru bersama-sama
peserta didik menyimpulkan pemahaman tentang
prosedur, dan teknik membuat lukis.Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi
tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
2. Guru
mengakhiri kegiatan belajar dan memberi tahu tugas berikutnyaserta memberikan
pesan untuk tetap belajar dan mengucapkan salam
|
10
|
F. Penilaian
1.
Sikap spiritual
a.
Teknik Penilaian : Penilaian diri
b.
Bentuk Instrumen : Skala
c. Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
No.
Butir
|
1
|
Menerima dengan baik keragaman dan
keunikan karya lukis
sebagai anugerah Tuhan
|
1 (a, b, c)
|
2
|
Menghargai keragaman dan keunikan karya lukis sebagai anugerah Tuhan
|
2 (a, b, c)
|
Instrumen: lihat Lampiran 1.
2.
Sikap sosial
a.
Teknik Penilaian : Pengamatan
b.
Bentuk Instrumen:
Lembar Observasi
c.
Kisi-kisi :
1)
Penilaian
sikap sosial untuk diskusi
No.
|
Nilai
|
Deskripsi
|
No.
Butir
|
1
|
Menghargai orang lain
|
Menghargai
orang lain pendapat orang lain
|
1
|
2
|
Jujur
|
Mengekspresikan
gagasan dengan jujur
|
2
|
3
|
Disiplin
|
Mengikuti
kegiatan diskusi degan disiplin
|
3
|
Instrumen: lihat Lampiran 2 b
2)
Penilaian
sikap sosial dalam kegiatan menanggapi
karya dan berkarya
Lukis
No.
|
Nilai
|
Deskriptor
|
No.
Butir
|
|
Menghargai orang lain
|
Menghargai
orang lain dalam menanggapi karya lukis.
|
1
|
Menghargai
orang lain dalam membuat lukis
|
2
|
||
|
Jujur
|
Menunjukkan
sikap jujur dalam menanggapi karya lukis
|
3
|
Menunjukkan
sikap jujur dalam membuat lukis
|
4
|
||
|
Disiplin
|
Bersikap disiplin
dalam menanggapi karya membuat lukis.
|
5
|
Bersikap
disiplin dalam membuat lukis.
|
6
|
Instrumen: lihat Lampiran 2
5)Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian : Tes Objektif
b.
Bentuk Instrumen : Tes isian singkat
c. Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
No.
Butir
|
|
Mengidentifikasi
unsur-unsur lukis
dengan benar
|
1-4
|
|
Mengidentifikasi
prosedur dan teknik membuat lukisan dengan benar.
|
6-10
|
Instrumen: lihat Lampiran 3
6)Keterampilan
a.
Teknik Penilaian : Tes praktik
b. Bentuk Instrumen : Tes uji petik kerja
c. Kisi-kisi:
No.
|
Indikator
|
No.
Butir
|
|
Membuat
desain lukis
|
1
|
|
Membuat lukis
|
2
|
|
Finishing lukis
|
3
|
Instrumen: lihat Lampiran 4
G.Media/Alat dan Sumber Belajar
1.Media/Alat :
-LCD proyektor
2.Bahan :
a. Cat air
b. Kuas
c. Palet
d. Kertas lukis
3.Sumber Bahan :
-Buku Paket Seni Budaya
SMP Kelas IX Smt.1 halaman: 01-21,KEMENDIKBUD RI 2015
-Buku atau Sumber lain
yang relevan.
-Media Elektronik
……………,.........
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
…………….. ………………….
NIP………………………….. NIP. ………………………
No comments:
Post a Comment