Wednesday, 21 October 2015

RPP SENI RUPA KELAS 9 SEMESTER 1 (SENI LUKIS)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah       
:
: SMP N
Mata Pelajaran
:                
: Seni Budaya ( Seni Rupa )
Kelas/Semester
:                
: 9 / I
Alokasi Waktu
:           
: 3 pertemuan (9 jp )


A.  Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.      Memahami, menerapkan,dan menganalisispengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasaingin tahunyatentangilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humanioradengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,dan peradaban terkaitpenyebab fenomenadan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural padabidangkajian yangspesifik sesuai dengan bakat dan minatnyauntuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyajidalam ranah konkret dan ranahabstrak terkait dengan pengembangan dari yangdipelajarinyadi sekolah secaramandiri, bertindak secara efektif dankreatif,serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.  Kompetensi Dasar

1.1Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni rupa modern  sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1Menunjukkan sikap menghargai,jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1.Memahami konsep  dan prosedur  karya seni lukis dengan beragam media dan teknik
4.1.Membuat  karya seni lukis dengan beragam media dan teknik

C.  Indikator
1.1.1. Berdoa bersama-sama sebelum memulai pelajaran
1.1.2 Berdoa bersama-sama setelah selesai pelajaran
1.1.3. Menjawab salam guru
2.1.1. Menghargai orang lain dalam mengapresiasi lukisan
2.3.1. Bersikap disiplin dalam mengapresiasi dan berkarya lukisan
2.3.2. Mengidentifikasi keragamanperistiwa pada di lingkungan sekitar
  3.2.1 Mengidentifikasi keunikan karya seni lukis
4.2.1. Membuat karya lukis sederhana berdasarkan pengamatan objek dengan teknik arsir
4.2.2Menkomunikasikan hasil karya lukis  didepan kelas dan di jejaring sosial







D. Materi Pembelajaran
       Pertemuan 1
            a. KegiatanPendahuluan ( 10 menit )

1)      Guru mengucapkan salam dan membimbing peserta didik berdoa dilanjutkan memeriksa kehadiran peserta didik.
2)      Guru menayangkan gambarlukisan lewat LCD  proyektoruntuk  mendorong peserta didik memberi tanggapan awal tentang isi tayangantersebut.
3)      Guru melakukan tanya jawab tentang gambar lukisyang  sesuai pengetahuan awal peserta didik.
4)      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi.
b. Kegiatan inti (25 menit)
1)   Mengamati
Peserta didik menyaksikan gambar lukis.
2)   Menanya
Peserta didik merumuskan pertanyaan-pertanyaan terkait gambar lukis.
3)   Mencoba/Mengumpulkan Data/Informasi
Peserta didik membaca Buku Siswa dan sumber-sumber yang lain untuk menemukan pengertian seni lukis.
4)   Mengasosiasi/Menganalisis Data/Informasi
Peserta didik mengumpulkan data yang diperoleh melalui membaca dan diskusi kelompok untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan sekitar membuat lukis.
5)  Mengkomunikasikan
Peserta didik mempresentasikan eksplorasi karya lukisnya di depan kelas secara kelompok dan kelompok lain menanggapi
c. Penutup (5 menit)
1) Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan pengertian lukis.
2) Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3) Guru memberikan tugas rumah berlatih membuat karyalukis.
4) Peserta didik mencatat informasi guru tentang kegiatan pembelajaran berikutnya.
5) Guru membimbing peserta didik berdoa dan mengucapkan salam

E.Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan ke Satu
Kegiatan
Pembelajaran
Diskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan
2.      Guru memberi salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa
3.      Memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
4.      Guru Apersepsi: menunjukkan contoh gambar karya lukis
5.      Menyampaikan tujuan pembelajaran
6.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh (pemberian masalah, penugasan individu, pembahasan disertai Tanya jawab dan penarikan kesimpulan)
7.      Guru menyampaikan teknik penilaian yang akan dilakukan selama pembelajaran.

10
Kegiatan Inti
Mengamati
Guru menampilkan gambar karya lukis.Guru meminta siswa untuk mengamati(Observing)
Menanya
Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan tayangan tentang pengertian lukis
Mengumpulkan Informasi
1.      Membentuk kelompok diskusi yang masing-masing beranggotakan 2-4 anak secara heterogen.
2.      Guru membagikan lembar kerja untuk didiskusikan tiap-tiap kelompok
3.      Siswa diberi kesempatan untuk berdiskusi dengan anggota kelompoknya untuk memahami data tentang pengertian, prosedur, dan teknik membuat lukis.
4.      Mengumpulkan data tentang prosedur, dan teknik membuat lukis dengan membaca buku siswa, mengamati contoh lukis.
5.      Guru sebagai fasilitator mengamati kerja secara bergantian dan memberikan bantuan secukupnya jika diperlukan. Guru sebagai fasilitator menngingatkan setiap siswa supaya menerapkan ketrampilan kooperatif dalam bekerja, selalu mrnghargai pendapat orang lain, dan memberikan kesempatan kepada siswa lain yang menemukan idea sendiri dan menjawab pertanyaan siswa
6.       Selama proses berlangsung, guru mengamati kerja siswa dan menilai sikap siswa
Mengasosiasi
1.      Guru meminta agar semua peserta didik untuk ikut aktif dan bekerja sama dalam pelaksanaan diskusi untuk menganalisis masalah untuk menyimpulkan pengertian, prosedur, dan teknik membuat lukis.
2.       Siswa berdiskusi masalahlukis yang diberikan guru
Mengkomunikasikan hasil
Siswa diberi kesempatan untuk menyimpulkan dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok didepan kelas

70
Penutup
1.      Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan pemahaman tentang pengertian, prosedur, dan teknik membuat lukis
2.      Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3.      Guru memberikan tugas individual untuk menyiapkan bahan dan alat untuk pelaksanaan pembelajaran berikutnya yakni menggambar desain lukis.
4.      Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan mengucapkan salam
10

2. Pertemuan ke dua
Kegiatan
Pembelajaran
Diskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.       Guru mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan
2.       Guru memberii salam,
3.       Memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
4.       Apersepsi: menunjukkan contoh gambar desain lukis untuk membangkitkan minat peserta didik
5.       Menyampaikan tujuan pembelajaran
6.       Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh (pemberian masalah, penugasan individu, pembahasan disertai Tanya jawab dan penarikan kesimpulan)
7.       Guru menyampaikan teknik penilaian yang akan dilakukan selama pembelajaran.

10
Kegiatan Inti
Mengamati
 Guru Menampilkan contoh gambar desain lukis cerita,Guru meminta siswa untuk mengamati(Observing),
Menanya
Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan tehnik dan prosedur menggambar desain lukis
Mengumpulkan Informasi
1.      Membentuk kelompok diskusi yang masing-masing beranggotakan 2-4 secara heterogen.
2.      Guru membagikan lembar kerja untuk didiskusikan tiap-tiap kelompok
3.      Siswa diberi kesempatan untuk berdiskusi dengan anggota kelompoknya untuk memahami data tentang prosedur, dan teknik desain lukis.
4.      Mengumpulkan data tentang prosedur, dan teknik menggambar desain lukisdengan membaca buku siswa,dan mengamati contoh gambar desain lukis.
5.      Guru sebagai fasilitator mengamati kerja peserta didik secara bergantian dan memberikan bantuan secukupnya jika diperlukan. Guru sebagai fasilitator menngingatkan setiap siswa supaya menerapkan ketrampilan kooperatif dalam bekerja, selalu mrnghargai pendapat orang lain, dan memberikan kesempatan kepada siswa lain yang menemukan ide kelompoknya sendiri dan menjawab pertanyaan siswa jika merupakan pertanyaan kelompok.
6.      Selama proses berlangsung, guru mengamati kerja siswa dan menilai sikap siswa
Mengasosiasi
1.      Guru meminta agar semua anggota kelompok untuk ikut aktif dan bekerja sama dalam pelaksanaan diskusi untuk menganalisis masalah untuk menyimpulkan prosedur, dan teknik gambar desain lukis.
2.      Siswa secara berdiskusi masalah yang diberikan guru
Mengkomunikasikan hasil
Siswa diberi kesempatan untuk menyimpulkan dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok didepan kelas

70
Penutup
1.    Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan pemahaman tentang  prosedur, dan teknik gambar desain lukis.
2.      Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3.      Guru memberikan tugas individu untuk menyiapkan bahan dan alat untuk pelaksanaan pembelajaran berikutnya.
4.      Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan mengucapkan salam
10

3. Pertemuan ke tiga
Kegiatan
Pembelajaran
Diskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.       Guru mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan
2.       Guru memberii salam,
3.       Memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
4.       Apersepsi: menunjukkan contohgambarlukisuntuk membangkitkan minat peserta didik
5.       Menyampaikan tujuan pembelajaran
6.       Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh (pemberian masalah, penugasan individu, pembahasan disertai Tanya jawab dan penarikan kesimpulan)
7.       Guru menyampaikan teknik penilaian yang akan dilakukan selama pembelajaran.

10
Kegiatan Inti
Mengamati
Guru Menampilkan contoh gambar lukis meminta siswa untuk mengamati(Observing),
Menanya
Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan tehnik dan prosedur membuat lukis.
Mengumpulkan Informasi
1.       Membentuk kelompok diskusi yang masing-masing beranggotakan 2-4 secara heterogen.
2.       Guru membagikan lembar kerja untuk didiskusikan tiap-tiap kelompok
3.       Siswa diberi kesempatan untuk berdiskusi dengan anggota kelompoknya untuk memahami data tentang prosedur, dan teknik membuat lukis.Mengumpulkan data tentang prosedur, dan teknik membuat lukisdengan membaca buku siswa,dan mengamati contoh pada buku siswa.
4.       Guru sebagai fasilitator mengamati kerja peserta didik secara bergantian dan memberikan bantuan secukupnya jika diperlukan. Guru sebagai fasilitator menngingatkan setiap siswa supaya menerapkan ketrampilan kooperatif dalam kerja kelompok, selalu mrnghargai pendapat orang lain, dan memberikan kesempatan kepada siswa lain yang menemukan ide kelompoknya sendiri dan menjawab pertanyaan siswa jika merupakan pertanyaan kelompok.
5.       Selama proses berlangsung, guru mengamati kerja siswa dan menilai sikap siswa
Mengasosiasi
1.       Guru meminta agar semua anggota kelompok untuk ikut aktif dan bekerja sama dalam pelaksanaan diskusi untuk menganalisis masalah untuk menyimpulkan prosedur, dan teknik membuat lukis.
2.       Siswa secara bekerja sama dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru
Mengkomunikasikan hasil
 Siswa diberi kesempatan untuk menunjukan hasil kerja kelompok didepan kelas

70
Penutup
1.       Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan pemahaman tentang  prosedur, dan teknik membuat lukis.Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
2.       Guru mengakhiri kegiatan belajar dan memberi tahu tugas berikutnyaserta memberikan pesan untuk tetap belajar dan mengucapkan salam
10

F.  Penilaian
1.         Sikap spiritual
a.    Teknik Penilaian   : Penilaian diri
b.    Bentuk Instrumen : Skala
c.    Kisi-kisi                :

No.
Sikap/nilai
No. Butir
1
Menerima dengan baik keragaman dan keunikan karya lukis sebagai anugerah Tuhan
1 (a, b, c)
2
Menghargai keragaman dan keunikan karya lukis sebagai anugerah Tuhan
2 (a, b, c)
Instrumen: lihat Lampiran 1.
2.         Sikap sosial
a.    Teknik Penilaian   : Pengamatan
b.    Bentuk Instrumen: Lembar Observasi
c.    Kisi-kisi                :
1)      Penilaian sikap sosial untuk diskusi
No.
Nilai
Deskripsi
No. Butir
1
Menghargai orang lain
Menghargai orang lain pendapat orang lain
1
2
Jujur
Mengekspresikan gagasan dengan jujur
2
3
Disiplin
Mengikuti kegiatan diskusi degan disiplin
3
Instrumen: lihat Lampiran 2 b

2)        Penilaian sikap sosial dalam  kegiatan menanggapi karya dan berkarya

Lukis
No.
Nilai
Deskriptor
No. Butir
  1.  
Menghargai orang lain
Menghargai orang lain dalam menanggapi karya lukis.
1
Menghargai orang lain dalam membuat lukis
2
  1.  
Jujur
Menunjukkan sikap jujur dalam menanggapi karya lukis
3
Menunjukkan sikap jujur dalam membuat lukis
4
  1.  
Disiplin
Bersikap disiplin dalam menanggapi karya membuat lukis.
5
Bersikap disiplin dalam membuat lukis.
6
Instrumen: lihat Lampiran 2

5)Pengetahuan
a.    Teknik Penilaian        : Tes Objektif
b.    Bentuk Instrumen      : Tes isian singkat
c.    Kisi-kisi                     :
No.
Indikator
No. Butir
  1.  
Mengidentifikasi unsur-unsur lukis dengan benar
1-4
  1.  
Mengidentifikasi prosedur dan teknik membuat lukisan dengan benar.
6-10
 Instrumen: lihat Lampiran 3

6)Keterampilan
a.    Teknik Penilaian        : Tes praktik
b.   Bentuk Instrumen     : Tes uji petik kerja
c.   Kisi-kisi:
No.
Indikator
No. Butir
  1.  
Membuat desain lukis
1
  1.  
Membuat lukis
2
  1.  
Finishing lukis
3




Instrumen: lihat Lampiran 4

G.Media/Alat dan Sumber Belajar
1.Media/Alat :
  -LCD proyektor

2.Bahan        :
a.       Cat air
b.      Kuas
c.       Palet
d.      Kertas lukis
3.Sumber Bahan :
     -Buku Paket Seni Budaya SMP Kelas IX Smt.1 halaman: 01-21,KEMENDIKBUD RI 2015
     -Buku atau Sumber lain yang relevan.
     -Media Elektronik

                                                                              ……………,.........
Mengetahui                                                                       
Kepala Sekolah                                                      Guru Mata Pelajaran





……………..                      ………………….
 NIP…………………………..                                                     NIP. ………………………



























No comments:

Post a Comment