RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
: SMP N
|
Mata Pelajaran
|
:
|
: Seni Budaya ( Seni Rupa )
|
Kelas/Semester
|
:
|
: 9 / I
|
Alokasi Waktu
|
:
|
: 3 pertemuan (9 jp )
|
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural,
dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian
yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta
mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1.1 Menghayati dan mengamalkan agama yang
dianutnya
2.1
Memiliki motivasi internal, kemampuan
bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya
diri, dan sikap toleransi dalam
perbedaan strategi
berpikir dalam
memilih dan menerapkan
strategi menyelesaikan
masalah.
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung
jawab,peduli,santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya.
2.3 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
3.2. Memahami konsep dan prosedur karya seni patung dengan media teknik .
4.2 Membuat karya seni patung dengan beragam media dan
teknik.
C. Indikator
1.1.1.
Berdoa bersama-sama sebelum memulai pelajaran
1.1.2 Berdoa bersama-sama setelah selesai pelajaran
1.1.3.
Menjawab salam guru
2.1.1.
Menghargai orang lain dalam mengapresiasi patung
2.3.1. Bersikap disiplin dalam mengapresiasi dan berkarya patung
2.3.2. Mengidentifikasi keragaman peristiwa pada di lingkungan sekitar
3.2.1 Mengidentifikasi keunikan karya seni
patung
4.2.1. Membuat karya patung sederhana berdasarkan pengamatan objek
dengan teknik butsir
4.2.2 Menkomunikasikan hasil karya patung
didepan kelas
D. Materi Pembelajaran
Pertemuan 1
a.
KegiatanPendahuluan ( 10 menit )
1)
Guru mengucapkan salam dan membimbing peserta didik berdoa dilanjutkan
memeriksa kehadiran peserta didik.
2)
Guru menayangkan gambar patung lewat
LCD untuk mendorong peserta didik memberi tanggapan awal
tentang isi tayangantersebut.
3)
Guru melakukan tanya jawab tentang gambar patung yang sesuai pengetahuan awal peserta didik.
4)
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi.
b. Kegiatan inti (25 menit)
1)
Mengamati
Peserta didik menyaksikan gambar patung.
2)
Menanya
Peserta didik merumuskan
pertanyaan-pertanyaan terkait gambar patung.
3)
Mencoba/Mengumpulkan Data/Informasi
Peserta didik membaca Buku Siswa
dan sumber-sumber yang lain untuk menemukan pengertian patung.
4)
Mengasosiasi/Menganalisis Data/Informasi
Peserta didik mengumpulkan data
yang diperoleh melalui membaca dan diskusi kelompok untuk menjawab
pertanyaan-pertanyaan sekitar
membuat patung.
5)
Mengkomunikasikan
Peserta didik mempresentasikan eksplorasi karya patungnya di depan kelas secara kelompok dan kelompok lain menanggapi
c. Penutup (5 menit)
1) Guru bersama-sama peserta didik
menyimpulkan pengertian patung.
2) Guru bersama-sama peserta didik
melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3) Guru memberikan tugas rumah
berlatih membuat karya patung.
4) Peserta didik mencatat informasi
guru tentang kegiatan pembelajaran berikutnya.
5) Guru membimbing peserta didik
berdoa dan mengucapkan salam
E. Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan ke Satu
Kegiatan
Pembelajaran
|
Diskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
mengkondisikan suasana belajar
yang menyenangkan
2.
Guru memberi salam, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa
3.
Memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
4.
Guru Apersepsi: menunjukkan contoh gambar karya patung
5.
Menyampaikan tujuan pembelajaran
6.
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh
(pemberian masalah, penugasan individu, pembahasan disertai Tanya jawab dan
penarikan kesimpulan)
7.
Guru menyampaikan teknik
penilaian yang akan dilakukan selama pembelajaran.
|
10
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
Guru menampilkan gambar karya patung.Guru meminta
siswa untuk mengamati(Observing)
Menanya
Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan yang berhubungan
dengan tayangan tentang pengertian patung
Mengumpulkan
Informasi
1.
Membentuk kelompok diskusi yang
masing-masing beranggotakan 2-4 anak secara
heterogen.
2.
Guru membagikan lembar kerja
untuk didiskusikan tiap-tiap kelompok
3.
Siswa diberi kesempatan untuk
berdiskusi dengan anggota kelompoknya untuk memahami data tentang pengertian,
prosedur, dan teknik membuat patung.
4.
Mengumpulkan data tentang prosedur, dan teknik membuat
patung dengan membaca buku
siswa, mengamati contoh patung.
5.
Guru sebagai fasilitator
mengamati kerja secara bergantian dan memberikan bantuan secukupnya jika
diperlukan. Guru sebagai fasilitator menngingatkan setiap siswa supaya
menerapkan ketrampilan kooperatif dalam bekerja, selalu mrnghargai pendapat
orang lain, dan memberikan kesempatan kepada siswa lain yang menemukan idea
sendiri dan menjawab pertanyaan siswa
6.
Selama proses berlangsung, guru mengamati
kerja siswa dan menilai sikap siswa
Mengasosiasi
1.
Guru meminta agar semua peserta
didik untuk ikut aktif dan bekerja sama dalam pelaksanaan diskusi untuk
menganalisis masalah
untuk menyimpulkan pengertian, prosedur, dan teknik membuat
patung.
2.
Siswa berdiskusi masalah patung yang diberikan guru
Mengkomunikasikan
hasil
Siswa diberi kesempatan untuk menyimpulkan dan mempresentasikan hasil
diskusi kelompok didepan kelas
|
70
|
Penutup
|
1.
Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan
pemahaman tentang pengertian, prosedur, dan teknik membuat
patung
2. Guru bersama-sama
peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang
telah dicapai.
3.
Guru memberikan tugas individual
untuk menyiapkan bahan dan alat untuk pelaksanaan pembelajaran berikutnya
yakni menggambar desain patung.
4.
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan
pesan untuk tetap belajar dan mengucapkan salam
|
10
|
2.
Pertemuan ke dua
Kegiatan
Pembelajaran
|
Diskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru mengkondisikan suasana
belajar yang menyenangkan
2.
Guru memberii salam,
3.
Memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
4.
Apersepsi: menunjukkan contoh gambar desain
patung untuk membangkitkan
minat peserta didik
5.
Menyampaikan tujuan pembelajaran
6.
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh
(pemberian masalah, penugasan individu, pembahasan disertai Tanya jawab dan
penarikan kesimpulan)
7.
Guru menyampaikan teknik
penilaian yang akan dilakukan selama pembelajaran.
|
10
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
Guru Menampilkan contoh gambar desain
patung cerita,Guru meminta
siswa untuk mengamati(Observing),
Menanya
Siswa diberi kesempatan
untuk mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan tehnik dan prosedur menggambar desain
patung
Mengumpulkan
Informasi
1.
Membentuk kelompok diskusi yang
masing-masing beranggotakan 2-4 secara heterogen.
2.
Guru membagikan lembar kerja
untuk didiskusikan tiap-tiap kelompok
3.
Siswa diberi kesempatan untuk
berdiskusi dengan anggota kelompoknya untuk memahami data tentang prosedur, dan
teknik mengambar gambar desain patung.
4.
Mengumpulkan data tentang prosedur, dan teknik
menggambar desain patung dengan membaca buku siswa,dan mengamati contoh gambar desain
patung.
5.
Guru sebagai fasilitator
mengamati kerja peserta didik secara bergantian dan memberikan bantuan
secukupnya jika diperlukan. Guru sebagai fasilitator menngingatkan setiap
siswa supaya menerapkan ketrampilan kooperatif dalam bekerja, selalu
mrnghargai pendapat orang lain, dan memberikan kesempatan kepada siswa lain
yang menemukan ide kelompoknya sendiri dan menjawab pertanyaan siswa jika
merupakan pertanyaan kelompok.
6.
Selama proses berlangsung, guru
mengamati kerja siswa dan menilai sikap siswa
Mengasosiasi
1.
Guru meminta agar semua anggota
kelompok untuk ikut aktif dan bekerja sama dalam pelaksanaan diskusi untuk
menganalisis masalah
untuk menyimpulkan prosedur, dan teknik gambar desain
patung.
2.
Siswa secara berdiskusi masalah
yang diberikan guru
Mengkomunikasikan
hasil
Siswa diberi kesempatan untuk menyimpulkan dan mempresentasikan hasil
diskusi kelompok didepan kelas
|
70
|
Penutup
|
1. Guru bersama-sama
peserta didik menyimpulkan pemahaman tentang
prosedur, dan teknik gambar desain patung.
2. Guru bersama-sama
peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang
telah dicapai.
3.
Guru memberikan tugas individu
untuk menyiapkan bahan dan alat untuk pelaksanaan pembelajaran berikutnya.
4.
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan
pesan untuk tetap belajar dan mengucapkan salam
|
10
|
3.
Pertemuan ke tiga
Kegiatan
Pembelajaran
|
Diskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru mengkondisikan suasana
belajar yang menyenangkan
2.
Guru memberii salam,
3.
Memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
4.
Apersepsi: menunjukkan contoh
gambar patung untuk membangkitkan minat
peserta didik
5. Menyampaikan tujuan
pembelajaran
6.
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh
(pemberian masalah, penugasan individu, pembahasan disertai Tanya jawab dan
penarikan kesimpulan)
7.
Guru menyampaikan teknik penilaian
yang akan dilakukan selama pembelajaran.
|
10
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
Guru
Menampilkan contoh gambar
patung meminta siswa
untuk mengamati(Observing),
Menanya
Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan yang berhubungan
dengan tehnik dan prosedur membuat patung.
Mengumpulkan
Informasi
1.
Membentuk kelompok diskusi yang
masing-masing beranggotakan 2-4 secara heterogen.
2.
Guru membagikan lembar kerja
untuk didiskusikan tiap-tiap kelompok
3.
Siswa diberi kesempatan untuk
berdiskusi dengan anggota kelompoknya untuk memahami data tentang prosedur, dan
teknik membuat patung. Mengumpulkan
data tentang prosedur, dan teknik membuat patung dengan membaca buku siswa,dan
mengamati contoh pada buku siswa.
4.
Guru sebagai fasilitator
mengamati kerja peserta didik secara bergantian dan memberikan bantuan
secukupnya jika diperlukan. Guru sebagai fasilitator menngingatkan setiap
siswa supaya menerapkan ketrampilan kooperatif dalam kerja kelompok, selalu mrnghargai
pendapat orang lain, dan memberikan kesempatan kepada siswa lain yang
menemukan ide kelompoknya sendiri dan menjawab pertanyaan siswa jika
merupakan pertanyaan kelompok.
5.
Selama proses berlangsung, guru
mengamati kerja siswa dan menilai sikap siswa
Mengasosiasi
1.
Guru meminta agar semua anggota
kelompok untuk ikut aktif dan bekerja sama dalam pelaksanaan diskusi untuk
menganalisis masalah
untuk menyimpulkan prosedur, dan teknik membuat
patung.
2.
Siswa secara bekerja sama dalam
mengerjakan tugas yang diberikan guru
Mengkomunikasikan
hasil
Siswa diberi kesempatan untuk
menunjukan hasil kerja kelompok didepan kelas
|
70
|
Penutup
|
1. Guru bersama-sama
peserta didik menyimpulkan pemahaman tentang
prosedur, dan teknik membuat patung . Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi
tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
2. Guru
mengakhiri kegiatan belajar dan memberi tahu tugas berikutnya serta
memberikan pesan untuk tetap belajar dan mengucapkan salam
|
10
|
F. Penilaian
1.
Sikap spiritual
a.
Teknik Penilaian : Penilaian diri
b.
Bentuk Instrumen:
Skala
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
No.
Butir
|
1
|
Menerima dengan baik keragaman dan
keunikan karya patung
sebagai anugerah Tuhan
|
1 (a, b, c)
|
2
|
Menghargai keragaman dan keunikan karya patung sebagai anugerah Tuhan
|
2 (a, b, c)
|
Instrumen: lihat Lampiran 1.
2.
Sikap sosial
a.
Teknik Penilaian : Pengamatan
b.
Bentuk Instrumen:
Lembar Observasi
c.
Kisi-kisi :
1)
Penilaian
sikap sosial untuk diskusi
No.
|
Nilai
|
Deskripsi
|
No.
Butir
|
1
|
Menghargai orang lain
|
Menghargai
orang lain pendapat orang lain
|
1
|
2
|
Jujur
|
Mengekspresikan
gagasan dengan jujur
|
2
|
3
|
Disiplin
|
Mengikuti
kegiatan diskusi degan disiplin
|
3
|
Instrumen: lihat Lampiran 2 b
2)
Penilaian
sikap sosial dalam kegiatan menanggapi
karya dan berkarya
Patung
No.
|
Nilai
|
Deskriptor
|
No.
Butir
|
|
Menghargai orang lain
|
Menghargai
orang lain dalam menanggapi karya patung.
|
1
|
Menghargai
orang lain dalam membuat patung
|
2
|
||
|
Jujur
|
Menunjukkan
sikap jujur dalam menanggapi karya patung
|
3
|
Menunjukkan
sikap jujur dalam membuat patung
|
4
|
||
|
Disiplin
|
Bersikap disiplin
dalam menanggapi karya membuat patung .
|
5
|
Bersikap
disiplin dalam membuat patung.
|
6
|
Instrumen: lihat Lampiran 2
5)Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian : Tes Objektif
b.
Bentuk Instrumen : Tes isian singkat
c. Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
No.
Butir
|
|
Mengidentifikasi
unsur-unsur patung
dengan benar
|
1-4
|
|
Mengidentifikasi
prosedur dan teknik membuat patungi dengan benar.
|
6-10
|
Instrumen: lihat Lampiran 3
6)Keterampilan
a.
Teknik Penilaian : Tes praktik
b. Bentuk Instrumen: Tes uji petik kerja
c. Kisi-kisi:
No.
|
Indikator
|
No.
Butir
|
|
Membuat
desain patung
|
1
|
|
Membuat
patung
|
2
|
|
Finishing patung
|
3
|
Instrumen: lihat Lampiran 4
G.Media/Alat dan Sumber Belajar
1.Media/Alat :
-Alat butsir
2.Bahan :
-Tanah liat
3.Sumber Bahan :
-Buku Paket Seni Budaya
SMP Kelas IX Smt.1 halaman:
23-35,KEMENDIKBUD RI 2015
-Buku atau Sumber lain
yang relevan.
-Media Elektronik
……………, .........
Mengetahui
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran
…………….. ………………….
NIP………………………….. NIP. ………………………
Lampiran 1. Instrumen Penilaian Sikap Spiritual
Nama : ______________________________
Kelas : ______________________________
Petunjuk
Berilah tanda silang
(X) sesuai dengan pendapat Anda. (Diisi oleh peserta didik)
Pernyataan
|
Pilihan
|
|||
STS
|
TS
|
S
|
SS
|
|
1. Keunikan dan
keragaman karya patung merupakan anugerah Tuhan yang patut ….
|
|
|
|
|
a. diterima.
|
|
|
|
|
d.
dihargai.
|
|
|
|
|
2. Keunikan dan
keragaman karya patung merupakan anugerah Tuhan yang patut ….
|
|
|
|
|
a.
diterima.
|
|
|
|
|
b.
dihargai.
|
|
|
|
|
3.
Keunikan dan keragaman karya patung merupakan anugerah Tuhan yang
patut ….
|
|
|
|
|
a.
diterima.
|
|
|
|
|
b.
dihargai.
|
|
|
|
|
Keterangan
SS = Sangat Setuju, skor = 4
S = Setuju, skor = 3
TS = Tidak Setuju, = 2
STS = Sangat Tidak Setuju = 1
Pedo man Penskoran:
Untuk setiap aspek nilai, pilihan berkisar
dari “sangat tidak setuju” dengan skor 1 sampai “sangat setuju” dengan skor 4,
maka untuk keenam butir jumlah skor yang diperoleh berkisar antara 6 sampai 24.
Nilai=Jumlah score
x 100
Score max
Lampiran 2 a : Lembar
Pengamatan Sikap Sosial untuk Kegiatan Diskusi
Nama :
Kelas :
______________________________
Petunjuk:
Berilah tanda silang (X) sesuai dengan kondisi peserta didik. (Diisi oleh guru)
No.
|
Pernyataan
|
Pilihan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Menghargai
pendapat orang lain dalam diskusi
|
|
|
2
|
Mengungkapkan
gagasannya secara jujur dalam diskusi
|
|
|
3
|
Mengikuti
kegiatan diskusi secara disiplin
|
|
|
Keterangan
A = Sangat Baik
B = Baik
C = Cukup
D = Kurang
Pedoman Penskoran:
Pilihan “Ya” diberi skor 1, sedangkan
pilihan “Tidak” diberi skor 0. Karena soal berjumlah 3 butir, maka jumlah skor
berkisar antara 0 sampai 3.
Lampiran 2 b : Lembar Pengamatan Sikap Sosial untuk
Kegiatan Menanggapi Karya dan Berkarya
Nama : ______________________________
Kelas :
______________________________
Petunjuk:
Berilah tanda silang (X) sesuai dengan kondisi peserta didik. (Diisi oleh guru)
No.
|
Pernyataan
|
Pilihan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Menghargai
orang lain dalam menanggapi karya patung
|
|
|
2
|
Menghargai
orang lain dalam menggambar desain patung
|
|
|
3
|
Bersikap
disiplin dalam membuat patung
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Penskoran:
Pilihan “Ya” diberi skor 3, sedangkan pilihan “Tidak” diberi skor 1. Karena soal berjumlah 3butir, maka jumlah
skor berkisar antara 3 sa.mpai 9.
N=Score perolehan x 10
Score maximal
Lampiran 3. Instrumen Penilaian
Pengetahuan
Nama :
______________________________
Kelas :
______________________________
Soal :
Isilah
titik-titik di bawah ini dengan jawaban singkat!
1. Karya
seni rupa yang mempunyai ukuran tiga dimensi adalah....
2. Patung
yang merupakan tiruan dari bentuk alam disebut....
3. .....
adalah material yang empuk dan mudah di bentuk.
4. Patung
untuk memperingati atau mengenang peristiwa disebut....
5. Fungsi patung arsitektur
adalah ….
6. Bahan
yang tidak lunak dan tidak keras disebut....
7. .....
adalah alat untuk mengurangi atau membentuk bahan batu atau kayu..
8. Logam
dan besi
merupakan bahan teknik ….dalam membuat patung.
9. Tahap awal membuat patung dari tanah liat adalah....
10. Gib merupakan salah satu bahan membuat
patungteknik
….
Kunci
Jawaban :
1. Patung
2. Figuratif
3. Tanah Liat
4. Monumen
5.Patung yang bernilai
estetika dan berfungsi untuk konstruksi bangunan.
|
6. Bahan Sedang
7. Pahat
8. Las
9. Membuat sketsa patung
10.Cor/cetak
|
Pedoman Penskoran:
Setiap jawaban benar diberi skor 4, sedangkan jawaban salah
diberi skor 1. Karena soal berjumlah 10 butir,
N= Score Perolehan x 100
Score max
.
Lampiran 4. Instrumen Penilaian Keterampilan
Lampiran 4. Instrumen Penilaian Keterampilan
Nama :
______________________________
Kelas :
______________________________
Soal:
Buatlahlah patung:
Objek : Patung Non Figuratif
Bahan/alat : Tanah Liat
Ukuran : Tinggi 15cm Diameter 5Cm
Waktu : 3 x pertemuan
Rubrik Penilan Patung
Objek : Patung Non
Figuratif
No.
|
Aspek
yang dinilai
|
Kriteria
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Ide
|
|
|
|
|
2
|
Proporsi
|
|
|
|
|
3
|
Komposisi
|
|
|
|
|
4
|
Tehnik
|
|
|
|
|
Keterangan:
A = Sangat Baik
B = Baik
C = Cukup
D = Kurang
Pedoman
penskoran
No.
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
|
||
1
|
Ide
|
|
|
|
(1 – 3)
|
2
|
Proporsi
|
|
|
|
(1 –2)
|
3
|
Komposisi
|
|
|
|
(1 – 2)
|
4
|
Tehnik
|
|
|
|
( 1 -3)
|
Jumlah
( 4-10 )
|
Untuk setiap aspek yang
dinilai, pilihan berkisar dari “kurang” dengan skor 1 sampai “sangat baik”
dengan skor 3, maka untuk ke empat butir jumlah skor yang diperoleh berkisar
antara 4 sampai 10
N=Jumlah Score x 100
.
No comments:
Post a Comment