Wednesday, 21 October 2015

RPP SENI RUPA KELAS 9 SEMESTER 1 (SENI PATUNG)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)


Sekolah       
:
: SMP N
Mata Pelajaran
:                
: Seni Budaya ( Seni Rupa )
Kelas/Semester
:                
: 9 / I
Alokasi Waktu
:           
: 3 pertemuan (9 jp )


A.  Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.  Kompetensi Dasar

1.1  Menghayati dan mengamalkan agama yang dianutnya
2.1 Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,peduli,santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya.
2.3  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
3.2. Memahami konsep dan prosedur karya seni patung dengan media teknik .
      
4.2  Membuat karya seni patung dengan beragam media dan teknik.

C.  Indikator
1.1.1. Berdoa bersama-sama sebelum memulai pelajaran
1.1.2 Berdoa bersama-sama setelah selesai pelajaran
1.1.3. Menjawab salam guru
2.1.1. Menghargai orang lain dalam mengapresiasi patung
2.3.1. Bersikap disiplin dalam mengapresiasi dan berkarya patung
2.3.2. Mengidentifikasi keragaman peristiwa  pada di lingkungan sekitar
 3.2.1  Mengidentifikasi keunikan karya seni patung
4.2.1. Membuat karya patung sederhana berdasarkan pengamatan objek dengan teknik butsir
4.2.2  Menkomunikasikan hasil karya patung  didepan kelas
                                   
                                    
                                    
                                   



D.   Materi Pembelajaran
       Pertemuan 1
            a. KegiatanPendahuluan ( 10 menit )

1)   Guru mengucapkan salam dan membimbing peserta didik berdoa dilanjutkan memeriksa kehadiran peserta didik.
2)   Guru menayangkan gambar patung lewat LCD  untuk  mendorong peserta didik memberi tanggapan awal tentang isi tayangantersebut.
3)   Guru melakukan tanya jawab tentang gambar patung yang  sesuai pengetahuan awal peserta didik.
4)  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi.
b. Kegiatan inti (25 menit)
1)   Mengamati
Peserta didik menyaksikan gambar patung.
2)   Menanya
Peserta didik merumuskan pertanyaan-pertanyaan terkait gambar patung.
3)   Mencoba/Mengumpulkan Data/Informasi
Peserta didik membaca Buku Siswa dan sumber-sumber yang lain untuk menemukan pengertian patung.
4)   Mengasosiasi/Menganalisis Data/Informasi
Peserta didik mengumpulkan data yang diperoleh melalui membaca dan diskusi kelompok untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan sekitar membuat patung.
5)  Mengkomunikasikan
Peserta didik mempresentasikan eksplorasi karya patungnya di depan kelas secara kelompok dan kelompok lain menanggapi
c. Penutup (5 menit)
1) Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan pengertian patung.  
2) Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3) Guru memberikan tugas rumah berlatih membuat karya patung.
4) Peserta didik mencatat informasi guru tentang kegiatan pembelajaran berikutnya.
5) Guru membimbing peserta didik berdoa dan mengucapkan salam

E.  Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan ke Satu
Kegiatan
Pembelajaran
Diskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan
2.      Guru memberi salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa
3.      Memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
4.      Guru Apersepsi: menunjukkan contoh gambar karya patung 
5.      Menyampaikan tujuan pembelajaran
6.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh (pemberian masalah, penugasan individu, pembahasan disertai Tanya jawab dan penarikan kesimpulan)
7.      Guru menyampaikan teknik penilaian yang akan dilakukan selama pembelajaran.

10
Kegiatan Inti
Mengamati
Guru menampilkan gambar karya patung.Guru meminta siswa untuk mengamati(Observing)
Menanya
Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan tayangan tentang pengertian patung
Mengumpulkan Informasi
1.      Membentuk kelompok diskusi yang masing-masing beranggotakan 2-4 anak secara heterogen.
2.      Guru membagikan lembar kerja untuk didiskusikan tiap-tiap kelompok
3.      Siswa diberi kesempatan untuk berdiskusi dengan anggota kelompoknya untuk memahami data tentang pengertian, prosedur, dan teknik membuat patung.
4.      Mengumpulkan data tentang prosedur, dan teknik membuat patung dengan membaca buku siswa, mengamati contoh patung.
5.      Guru sebagai fasilitator mengamati kerja secara bergantian dan memberikan bantuan secukupnya jika diperlukan. Guru sebagai fasilitator menngingatkan setiap siswa supaya menerapkan ketrampilan kooperatif dalam bekerja, selalu mrnghargai pendapat orang lain, dan memberikan kesempatan kepada siswa lain yang menemukan idea sendiri dan menjawab pertanyaan siswa
6.       Selama proses berlangsung, guru mengamati kerja siswa dan menilai sikap siswa
Mengasosiasi
1.      Guru meminta agar semua peserta didik untuk ikut aktif dan bekerja sama dalam pelaksanaan diskusi untuk menganalisis masalah untuk menyimpulkan pengertian, prosedur, dan teknik membuat patung.
2.       Siswa berdiskusi masalah patung yang diberikan guru
Mengkomunikasikan hasil
Siswa diberi kesempatan untuk menyimpulkan dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok didepan kelas

70
Penutup
1.      Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan pemahaman tentang pengertian, prosedur, dan teknik membuat patung
2.      Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3.      Guru memberikan tugas individual untuk menyiapkan bahan dan alat untuk pelaksanaan pembelajaran berikutnya yakni menggambar desain patung.
4.      Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan mengucapkan salam
10

2. Pertemuan ke dua
Kegiatan
Pembelajaran
Diskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.       Guru mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan
2.       Guru memberii salam,
3.       Memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
4.       Apersepsi: menunjukkan contoh gambar desain patung untuk membangkitkan minat peserta didik
5.       Menyampaikan tujuan pembelajaran
6.       Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh (pemberian masalah, penugasan individu, pembahasan disertai Tanya jawab dan penarikan kesimpulan)
7.       Guru menyampaikan teknik penilaian yang akan dilakukan selama pembelajaran.

10
Kegiatan Inti
Mengamati
    Guru Menampilkan contoh gambar desain patung cerita,Guru meminta siswa untuk mengamati(Observing),
Menanya
     Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan tehnik dan prosedur menggambar desain patung
Mengumpulkan Informasi
1.      Membentuk kelompok diskusi yang masing-masing beranggotakan 2-4 secara heterogen.
2.      Guru membagikan lembar kerja untuk didiskusikan tiap-tiap kelompok
3.      Siswa diberi kesempatan untuk berdiskusi dengan anggota kelompoknya untuk memahami data tentang prosedur, dan teknik mengambar gambar desain patung.
4.      Mengumpulkan data tentang prosedur, dan teknik menggambar desain patung dengan membaca buku siswa,dan mengamati contoh gambar desain patung.
5.      Guru sebagai fasilitator mengamati kerja peserta didik secara bergantian dan memberikan bantuan secukupnya jika diperlukan. Guru sebagai fasilitator menngingatkan setiap siswa supaya menerapkan ketrampilan kooperatif dalam bekerja, selalu mrnghargai pendapat orang lain, dan memberikan kesempatan kepada siswa lain yang menemukan ide kelompoknya sendiri dan menjawab pertanyaan siswa jika merupakan pertanyaan kelompok.
6.      Selama proses berlangsung, guru mengamati kerja siswa dan menilai sikap siswa
Mengasosiasi
1.      Guru meminta agar semua anggota kelompok untuk ikut aktif dan bekerja sama dalam pelaksanaan diskusi untuk menganalisis masalah untuk menyimpulkan prosedur, dan teknik gambar desain patung.
2.      Siswa secara berdiskusi masalah yang diberikan guru
Mengkomunikasikan hasil
Siswa diberi kesempatan untuk menyimpulkan dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok didepan kelas

70
Penutup
1.    Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan pemahaman tentang  prosedur, dan teknik gambar desain patung.
2.      Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3.      Guru memberikan tugas individu untuk menyiapkan bahan dan alat untuk pelaksanaan pembelajaran berikutnya.
4.      Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan mengucapkan salam
10

3. Pertemuan ke tiga
Kegiatan
Pembelajaran
Diskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.       Guru mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan
2.       Guru memberii salam,
3.       Memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
4.       Apersepsi: menunjukkan contoh  gambar patung  untuk membangkitkan minat peserta didik
5.       Menyampaikan tujuan pembelajaran
6.       Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh (pemberian masalah, penugasan individu, pembahasan disertai Tanya jawab dan penarikan kesimpulan)
7.       Guru menyampaikan teknik penilaian yang akan dilakukan selama pembelajaran.

10
Kegiatan Inti
Mengamati
Guru Menampilkan contoh gambar patung meminta siswa untuk mengamati(Observing),
Menanya
Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan tehnik dan prosedur membuat patung.
Mengumpulkan Informasi
1.       Membentuk kelompok diskusi yang masing-masing beranggotakan 2-4 secara heterogen.
2.       Guru membagikan lembar kerja untuk didiskusikan tiap-tiap kelompok
3.       Siswa diberi kesempatan untuk berdiskusi dengan anggota kelompoknya untuk memahami data tentang prosedur, dan teknik membuat patung. Mengumpulkan data tentang prosedur, dan teknik membuat patung dengan membaca buku siswa,dan mengamati contoh pada buku siswa.
4.       Guru sebagai fasilitator mengamati kerja peserta didik secara bergantian dan memberikan bantuan secukupnya jika diperlukan. Guru sebagai fasilitator menngingatkan setiap siswa supaya menerapkan ketrampilan kooperatif dalam kerja kelompok, selalu mrnghargai pendapat orang lain, dan memberikan kesempatan kepada siswa lain yang menemukan ide kelompoknya sendiri dan menjawab pertanyaan siswa jika merupakan pertanyaan kelompok.
5.       Selama proses berlangsung, guru mengamati kerja siswa dan menilai sikap siswa
Mengasosiasi
1.       Guru meminta agar semua anggota kelompok untuk ikut aktif dan bekerja sama dalam pelaksanaan diskusi untuk menganalisis masalah untuk menyimpulkan prosedur, dan teknik membuat patung.
2.       Siswa secara bekerja sama dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru
Mengkomunikasikan hasil
 Siswa diberi kesempatan untuk menunjukan hasil kerja kelompok didepan kelas

70
Penutup
1.       Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan pemahaman tentang  prosedur, dan teknik membuat patung . Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
2.       Guru mengakhiri kegiatan belajar dan memberi tahu tugas berikutnya serta memberikan pesan untuk tetap belajar dan mengucapkan salam
10

F.  Penilaian
1.         Sikap spiritual
a.    Teknik Penilaian   : Penilaian diri
b.    Bentuk Instrumen: Skala
c.    Kisi-kisi                :

No.
Sikap/nilai
No. Butir
1
Menerima dengan baik keragaman dan keunikan karya patung sebagai anugerah Tuhan
1 (a, b, c)
2
Menghargai keragaman dan keunikan karya patung sebagai anugerah Tuhan
2 (a, b, c)
Instrumen: lihat Lampiran 1.
2.         Sikap sosial
a.    Teknik Penilaian   : Pengamatan
b.    Bentuk Instrumen: Lembar Observasi
c.    Kisi-kisi                :
1)      Penilaian sikap sosial untuk diskusi
No.
Nilai
Deskripsi
No. Butir
1
Menghargai orang lain
Menghargai orang lain pendapat orang lain
1
2
Jujur
Mengekspresikan gagasan dengan jujur
2
3
Disiplin
Mengikuti kegiatan diskusi degan disiplin
3
Instrumen: lihat Lampiran 2 b

2)        Penilaian sikap sosial dalam  kegiatan menanggapi karya dan berkarya

Patung
No.
Nilai
Deskriptor
No. Butir
  1.  
Menghargai orang lain
Menghargai orang lain dalam menanggapi karya patung.
1
Menghargai orang lain dalam membuat patung
2
  1.  
Jujur
Menunjukkan sikap jujur dalam menanggapi karya patung
3
Menunjukkan sikap jujur dalam membuat patung
4
  1.  
Disiplin
Bersikap disiplin dalam menanggapi karya membuat patung .
5
Bersikap disiplin dalam membuat patung.
6
Instrumen: lihat Lampiran 2

5)Pengetahuan
a.    Teknik Penilaian        : Tes Objektif
b.    Bentuk Instrumen      : Tes isian singkat
c.    Kisi-kisi                     :
No.
Indikator
No. Butir
  1.  
Mengidentifikasi unsur-unsur patung dengan benar
1-4
  1.  
Mengidentifikasi prosedur dan teknik membuat patungi dengan benar.
6-10
 Instrumen: lihat Lampiran 3

6)Keterampilan
a.    Teknik Penilaian        : Tes praktik
b.   Bentuk Instrumen: Tes uji petik kerja
c.   Kisi-kisi:
No.
Indikator
No. Butir
  1.  
Membuat desain patung
1
  1.  
Membuat patung
2
  1.  
Finishing patung
3

Instrumen: lihat Lampiran 4

G.Media/Alat dan Sumber Belajar
1.Media/Alat :
           -Alat butsir
2.Bahan        :
           -Tanah liat
3.Sumber Bahan :
     -Buku Paket Seni Budaya SMP Kelas IX Smt.1 halaman: 23-35,KEMENDIKBUD RI 2015
     -Buku atau Sumber lain yang relevan.
     -Media Elektronik

                                                                                                                 ……………,  .........
           Mengetahui                                                            
        Kepala Sekolah                                                                    Guru Mata Pelajaran





            ……………..                                                                            ………………….
 NIP…………………………..                                                     NIP. ………………………















Lampiran 1. Instrumen Penilaian Sikap Spiritual

Nama               : ______________________________
Kelas               : ______________________________

Petunjuk
Berilah tanda silang (X) sesuai dengan pendapat Anda. (Diisi oleh peserta didik)

Pernyataan
Pilihan
STS
TS
S
SS
1.     Keunikan dan keragaman karya patung merupakan anugerah Tuhan yang patut ….




a.    diterima.




d.        dihargai.




2.     Keunikan dan keragaman karya patung merupakan anugerah Tuhan yang patut ….




a.         diterima.




b.        dihargai.




3.    Keunikan dan keragaman karya patung merupakan anugerah Tuhan yang patut ….




a.         diterima.




b.        dihargai.





Keterangan
SS        = Sangat Setuju, skor = 4
S          = Setuju, skor             = 3
TS        = Tidak Setuju,            = 2
STS      = Sangat Tidak Setuju = 1

Pedo man Penskoran:
Untuk setiap aspek nilai, pilihan berkisar dari “sangat tidak setuju” dengan skor 1 sampai “sangat setuju” dengan skor 4, maka untuk keenam butir jumlah skor yang diperoleh berkisar antara 6 sampai 24.
Nilai=Jumlah score x 100
            Score  max



     Lampiran 2 a : Lembar Pengamatan Sikap Sosial untuk Kegiatan Diskusi

Nama                         :
Kelas                       : ______________________________

Petunjuk:
Berilah tanda silang (X) sesuai dengan kondisi peserta didik. (Diisi oleh guru)

No.
Pernyataan
Pilihan
Ya
Tidak
1
Menghargai pendapat orang lain dalam diskusi


2
Mengungkapkan gagasannya secara jujur dalam diskusi


3
Mengikuti kegiatan diskusi secara disiplin



Keterangan
A = Sangat Baik
B = Baik
C = Cukup
D = Kurang

Pedoman Penskoran:
Pilihan “Ya” diberi skor 1, sedangkan pilihan “Tidak” diberi skor 0. Karena soal berjumlah 3 butir, maka jumlah skor berkisar antara 0 sampai 3.




Lampiran 2 b : Lembar Pengamatan Sikap Sosial untuk Kegiatan Menanggapi Karya dan Berkarya

Nama                      : ______________________________
Kelas                       : ______________________________

Petunjuk:
Berilah tanda silang (X) sesuai dengan kondisi peserta didik. (Diisi oleh guru)

No.
Pernyataan
Pilihan
Ya
Tidak
1
Menghargai orang lain dalam menanggapi karya patung


2
Menghargai orang lain dalam menggambar desain patung


3
Bersikap disiplin dalam membuat patung







Pedoman Penskoran:
Pilihan “Ya” diberi skor 3, sedangkan pilihan “Tidak” diberi skor 1. Karena soal berjumlah 3butir, maka jumlah skor berkisar antara 3 sa.mpai 9.
N=Score perolehan  x 10
     Score maximal


Lampiran 3. Instrumen Penilaian Pengetahuan

Nama   : ______________________________
Kelas   : ______________________________

Soal :
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban singkat!
1.   Karya seni rupa yang mempunyai ukuran tiga dimensi adalah....
2.   Patung yang merupakan tiruan dari bentuk alam disebut....
3.  ..... adalah material yang empuk dan mudah di bentuk.
4.  Patung untuk memperingati atau mengenang peristiwa disebut....
5.  Fungsi patung arsitektur adalah ….
6.  Bahan yang tidak lunak dan tidak keras disebut....
7.  ..... adalah alat untuk mengurangi atau membentuk bahan batu atau kayu..
8.  Logam dan besi merupakan bahan teknik ….dalam membuat patung.
9.  Tahap awal membuat patung dari tanah liat adalah....
10. Gib merupakan salah satu bahan membuat patungteknik ….
Kunci Jawaban :
1. Patung
2. Figuratif
3. Tanah Liat
4. Monumen
5.Patung yang bernilai estetika dan berfungsi untuk konstruksi bangunan.
6.  Bahan Sedang
7.  Pahat
8.  Las
9.  Membuat sketsa patung
10.Cor/cetak

Pedoman Penskoran:
Setiap jawaban benar diberi skor 4, sedangkan jawaban salah diberi skor 1. Karena soal berjumlah 10 butir,
N= Score Perolehan x 100
     Score max

  .
Lampiran
4. Instrumen Penilaian Keterampilan

Nama   : ______________________________
Kelas   : ______________________________

Soal:
Buatlahlah patung:
Objek             : Patung Non Figuratif
Bahan/alat      : Tanah Liat
Ukuran           : Tinggi 15cm Diameter 5Cm
Waktu             : 3 x pertemuan


Rubrik Penilan Patung    
Objek : Patung Non Figuratif        

No.
Aspek yang dinilai

Kriteria

1

2

3

4

1
                Ide

 

 

 

 

2
                Proporsi

 

 

 

 

3
    Komposisi

 

 

 

 

4
    Tehnik

 

 

 

 


Keterangan:
A = Sangat Baik
B = Baik
C = Cukup
D = Kurang



Pedoman penskoran

No.
Aspek yang dinilai

Skor

1

2

3

 

1
            Ide

 

 

 

(1 – 3)

2
            Proporsi

 

 

 

(1 –2)

3
Komposisi

 

 

 

(1 – 2)

4
Tehnik

 

 

 

( 1 -3)

                                         Jumlah                                                         ( 4-10 )


Untuk setiap aspek yang dinilai, pilihan berkisar dari “kurang” dengan skor 1 sampai “sangat baik” dengan skor 3, maka untuk ke empat butir jumlah skor yang diperoleh berkisar antara 4 sampai 10
N=Jumlah  Score x 100














.



















No comments:

Post a Comment