Wednesday, 21 October 2015

RPP SENI RUPA KELAS 8 SEMESTER 1 (KUR. 2013)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                            : SMP …………………………….
Mata Pelajaran                  : Seni Budaya ( Seni Rupa )
Kelas/Semester                 : VIII/Ganjil
Materi Pokok                     : Menggambar model alam benda
Alokasi Waktu                   : 6 X 40 (2 X pertemuan)

A.  KOMPETENSI INTI
KI 1 :  Menerima, menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :  Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi internal, toleransi, pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
Kl 3 :   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
Kl 4 :   Mencoba mengolah, dan menyaji dalam ranah konkrit (menggunakan, mengurangi, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,  menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan  sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya  seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan

1.1.1.Menunjukkan rasa syukur terhadap keanekaragaman seni rupa di Indonesia
1.1.2 Serius dalam  mempelajari keragaman dan keunikan seni rupa di Indonesia sebagai anugerah Tuhan
2.1  Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian

2.1.1 Menunjukkan komitmen dalam praktek sehari-hari
2.1.2 Menghargai orang lain apa adanya bukan karena penampilan mereka
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun terhadap  karya seni rupa dan pembuatnya

2.2.1 Peka terhadap keragaman individu dan budayanya
2.2.2 Mau bertanggung jawab atas tindakannya

2.3     Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni

2.3.1 Mampu menyusun rencana masa depan selaras dengan kemampuan dan minatnya
2.3.2 Mampu mengatur waktu secara efektif untuk kebutuhan belajar
3.1   Memahami    konsep dan prosedur menggambar model alam benda pada berbagai bahan dan beragam teknik
3.1.1  Mampu menjelaskan pengertian gambar model alam benda, prinsip dan  teknik menggambar model alam benda
3.1.2  Mampu mengindentifikasi setiap  jenis objek gambar model alam benda
3.1.3   Mampu mengindentifikasi karakter objek gambar model alam benda
4.1    menggambar model alam benda pada berbagai bahan dan beragam teknik
4.1.1.Mampu menghasilkan karya gambar model alam benda  sesuai karaker gambar

C.   TUJUAN PEMBELAJARAN
1.1.Tujuan Sikap Spiritual
1.1.1.1. Menunjukkan rasa syukur terhadap keanekaragaman seni rupa di Indonesia
1.1.2.1. Serius dalam  mempelajari keragaman dan keunikan seni rupa di Indonesia sebagai anugerah Tuhan
2.1.Tujuan  Sikap Sosial
2.1.1.1.Menunjukkan komitmen dalam praktek sehari-hari
          2.1.2.1.Menghargai orang lain apa adanya bukan karena penampilan mereka
2.2.1.1.Peka terhadap keragaman individu dan budayanya
2.2.2.1.Mau bertanggung jawab atas tindakannya
3.1.1.Mampu menyusun rencana masa depan selaras dengan kemampuan dan minatnya
2.3.21.Mampu mengatur waktu secara efektif untuk kebutuhan belajar

     3.1.Tujuan kompetensi pengatahuan dan ketrampilan
Pertemuan 1
     Setelah proses belajar mengajar peserta didik mampu :
3.1.1.1. Menjelaskan pengertian gambar model alam benda
3.1.2.1.Mengindentifikasi setiap jenis objek gambar model alam benda
3.1.3.1.Mengidentifikasi karakteristik objek gambar model alam benda

Pertemuan 2
     Setelah proses belajar mengajar peserta didik mampu :
1.  Menggambar sketsa model sesuai karakter objek gambar alam benda
2.  Menghasikan karya gambar sesuai karakter objek gambar alam benda

D.   MATERI  PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Menggambar model
·         Pengertian menggambar model
·         Konsep dan prosedur menggambar model alam benda
·         Bahan dan alat menggambar model alam benda
·         Teknik menggambar model alam benda
·         Praktik berkarya membuat gambar model alam benda

EMETODE PEMBELAJARAN
·         Pendekatan                              :  Scientific
·         Metode                                    :  Diskusi kelompok, demonstrasi.
·         Model pembelajaran                  :  Discovery
F. ALAT DAN SUMBER BELAJAR

- Alat dan bahan    :              Media elektronik, buku gambar, pewarna dan alat tulis
- Sumber belajar    : Buku Teks : Eko Purnomo. Dkk, Seni Budaya Kelas 8 Kemendikbud,  2014
- Buku lain yang relevan dengan pokok bahasan
- Contoh-contoh gambar dan audio visual gambar model alam benda
G.  KEGIATAN PEMBELAJARAN
      Pertemuan I

1Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
1. Apersepsi
·         Menyapa peserta didik, berdoa dan mengabsensi siswa sebelum melakukan pembelajaran.
·         Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang bderhubungan dengan materi yang akan dipelajari.
·         Menyampaikan garis besar tentang cakupan materi yang akan dilakukan peserta didik dan guru
2. Motivasi
·      Mengajak siswa mengamati contoh-contoh gambar model alam benda,
·      Menanyakan macam – macam gamabr model alam benda


2Kegiatan inti (90 menit)
      
Kegiatan inti pembelajaran, kegiatan peserta didik bersama dengan guru dapat melakukan aktivitas sebagai berikut :
    Mengamati 
·         Siswa melihat gambar model alam benda melalui contoh-contoh gambar model alam benda atau tayangan atau melalui alam sekitar
·         Siswa membaca buku tentang konsep,  prosedur dan teknik menggambar  model alam  benda


·         Menampilkan tayangan/gambar model alam benda atau contoh-contoh gambar alam benda
Menanya
·         Siswa menanyakan hal-hal yang berkenaan dengan konsep, prosedur dan teknik  mengggambar model alam benda


·         Guru memberikan umpan  balik agar siswa yang lain memberikan jawaban, guru member penguatan
Mengeksplorasi/mengumpulkan data (informasi)
·         Siswa berdiskusi dalam kelompok  tentang pengertian  konsep,   prosedur dan teknik menggambar model alam benda


§  Mengamati (melakukan observasi) kegiatan siswa yang sedang berdiskusi
Mengasosiasi/menganalisis data (informasi)
§  Siswa menunjukkan pengertian konsep, prosedur dan teknik  menggambar model alam benda


§  Mengamati (melakukan observasi) kegiatan yang dilakukan siswa

Mengkomunikasikan

§   Siswa mempresentasikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh



§  Memotivasi siswa dalam kegiatan presentasi

3.   Kegiatan Penutup (15 menit)
1.         Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan pengertian menggambar model alam benda, konsep, prosedur dan teknik membuat gambar model alam benda.
2.         Guru bersama peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan
3.         Guru memberitahukan kepada siswa untuk pertemuan yang akan datang supaya membawa peralatan dan bahan untuk praktek menggambar model alam benda
4.         Peserta didik mencatat informasi guru tentang kegiatan pembelajaran  berikutnya
5.         Guru membimbing peserta didik berdoa dan mengucapkan salam


Pertemuan II

1Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
1. Apersepsi
·         Menyapa peserta didik, berdoa dan mengabsensi siswa sebelum melakukan pembelajaran.
·         Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang berhubungan dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan pada pertemuan sebelumnya.
·         Menyampaikan garis besar tentang cakupan materi yang akan dilakukan peserta didik
2. Motivasi
·      Mengajak siswa mengamati gambar model alam benda
·      Menanyakan macam-macam objek gambar model alam benda.

2Kegiatan inti (90 menit)
      
Kegiatan inti pembelajaran, kegiatan peserta didik bersama dengan guru dapat melakukan aktivitas sebagai berikut :
    Mengamati 
·         Siswa melihat contoh gambar model atau melalui alam sekitar
 



·         Menampilkan contoh-contoh gambar model alam benda.
Menanya
·         Siswa menanyakan cara menggambar model alam benda



·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa yang lain untuk menjelaskan cara menggambar model alam benda.
Mengeksplorasi
·         Siswa berlatih membuat sketsa gambar model alam benda

·         Siswa berlatih memberikan pewarnaan terhadap sketsa gambar model alam benda


§  Guru melakukan observasi terhadap kegiatan yang dilakukan oleh siswa
Mengasosiasi/menganalisis data (informasi)
§  Siswa mengumpukan data yang diperoleh dari praktek  berlatih mengambar model alam  benda dengan konsep, prosedur dan teknik menggambar yang menggabar untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan



Guru melakukan observasi terhadap kegiatan yang dilakukan oleh siswa



Mengkomunikasikan
§   Siswa mempresentasikan secara lisan atau tulisan mengenai hasil karya yang telah dibuat.


§  Memotivasi siswa dalam menampilkan gambar model alam benda yang telah dikerjakan

  3. Kegiatan Penutup (15 menit)
1.      Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan  tentang praktek menggambar model alam benda sesuai dengan konsep, prosedur dan teknik membuat gambar model alam benda.
2.      Guru bersama peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan
3.      Guru memberikan tugas rumah untuk pengayaan dan pembelajaran remedial
4.      Peserta didik mencatat informasi guru tentang kegiatan pembelajaran  berikutnya
5.      Guru membimbing peserta didik berdoa dan mengucapkan salam

H. PENILAIAN
          1. Jenis/teknik penilaian    : - Diskusi
                                                  - Tertulis
                                                  - Unjuk kerja
          2. Bentuk instrumern dan instrumen :- tes tertulis
                                                                - tes kinerja
          3. Pedoman penskoran      :


1. Pedoman Penskoran Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan


Nama Peserta Didik           : ………………….
Kelas                               : ………………….
Tanggal Pengamatan         : …………………..
Materi Pokok                    : …………………..
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan




3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi




4
Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan




5
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan




Jumlah Skor




Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

Contoh :
Skor diperoleh 14, skor maksimal 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :
Hasil Penskoran :
Sangat Baik   : apabila memperoleh skor :3,33 < skor ≤ 4,00
Baik             : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup           : apabila memperoleh skor :1,33 < skor≤ 2,33
Kurang         : apabila memperoleh skor:skor ≤ 1,33


2. Pedoman Penskoran Observasi Sikap Sosial (Toleransi)
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru/teman untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam toleransi. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap toleransi yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan


Nama Peserta Didik           : ………………….
Kelas                               : ………………….
Tanggal Pengamatan         : …………………..
Materi Pokok                    : …………………..

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Menghormati pendapat teman




2
Menghormati teman yang berbeda suku, agama, ras, budaya, dan gender




3
Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya




4
Menerima kekurangan orang lain




5
Mememaafkan kesalahan orang lain




Jumlah Skor




Petunjuk penskoran
Lihat petunjuk penskoran pada  pedoman observasi sikap spiritual

Pedoman Observasi Sikap Jujur

Nama Peserta Didik             : ………………….
Kelas                                 : ………………….
Tanggal Pengamatan           : …………………..
Materi Pokok                      : …………………..

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Tidak nyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan/tugas




2
Tidak melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas




3
Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu apa adanya




4
Melaporkan data atau informasi apa adanya




5
Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki




Jumlah Skor





Petunjuk Penskoran :
Lihat petunjuk penskoran pada  pedoman observasi sikap spiritual

Pedoman Observasi Sikap Disiplin
Nama Peserta Didik           : ………………….
Kelas                               : ………………….
Tanggal Pengamatan         : …………………..
Materi Pokok                    : …………………..

No
Sikap yang diamati
Melakukan
Ya
Tidak
1
Masuk kelas tepat waktu


2
Mengumpulkan tugas tepat waktu


3
Memakai seragam sesuai tata tertib


4
Mengerjakan tugas yang diberikan


5
Tertib dalam mengikuti pembelajaran


6
Mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan


7
Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran


8
Membawa buku teks mata pelajaran


Jumlah



Petunjuk Penskoran :
Jawaban YA diberi skor 1, dan jawaban TIDAK diberi skor 0
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

Pedoman Observasi Sikap Tanggung Jawab

Nama Peserta Didik           : ………………….
Kelas                               : ………………….
Tanggal Pengamatan         : …………………..
Materi Pokok                    : …………………..
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Melaksanakan tugas individu dengan baik




2
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan




3
Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat




4
Mengembalikan barang yang dipinjam




5
Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan




Jumlah Skor




Petunjuk Penskoran
Lihat petunjuk penskoran pada  pedoman observasi sikap spiritual


3. Butir Penilaian Pengetahuan
Amati gambar-gambar berikut dengan saksama!


 
           1.                                     2.                                                 3.

1. Unsur-unsur rupa apa saja yang terdapat pada ketiga gambar ?
2. Apa manfaat yang kamu dapat dari mengamati gambar tersebut ?
3. Sebutkan prinsip-prinsip menggambar model!
4. Jelaskan prosedur dalam menggambar model alam benda!

Kunci Jawaban :
1. Unsur rupa yang terdapat pada
gambar   1. adalah garis, bentuk, warna, tekstur, komposisi a simetris
2.  adalah garis, bentuk, warna, tekstur, komposisi  simetris
3.  adalah garis, bentuk, warna, tekstur, komposisi a simetris
2. Alternatif jawaban: Manfaat yang dapat diperoleh adalah dapat mensyukuri nikmat dan ciptaan Tuhan yang beraneka ragam yang  memiliki unsur rupa antara lain garis, bentuk, warna, tekstur, komposisi  simetris.
3. Komposisi, proporsi, keseimbangan dan kesatuan
4. Prosedur menggambar model alam benda:
a. Mempersiapkan objek gambar
b. Mulailah membuat sketsa
c. Berikan kesan gelap terang
d. Buatlah detail setiap objek
e. Perjelas setiap objek yang sesuai dengan model
f. Penyelesaian akhir gambar secara detail

         Teknik penilaian : rentang nilai 1 – 4     
Setiap nomor skornya 1









Butir dan Instrumen Tes Praktik

4. Butir Soal Praktik

 Buatlah sebuah  gambar model alam benda dengan ketentuan sebagai berikut.
1. Gambar dibuat pada kertas gambar A3.
2. Gambar dapat dibuat dengan komposisi simetris atau asimetris.
3. Gambar dibuat dengan pengamatan langsung pada objek gambar yang dipilih.
4. Gambar memiliki kesan gelap dan terang.
5. Gambar diwarnai dengan menggunakan pensil warna.

b. Instrumen  Soal Praktik
Nama Peserta Didik           : ………………….
Kelas                               : ………………….
Tanggal Pengamatan         : …………………..
Materi Pokok                    : …………………..
No.
Indikator
Hasil Penilaian
4
3
2

1

1
Menyiapkan alat dan bahan




2
Sketsa gamabar model




3
Komposisi objek gambar




4
Teknik penyelesaian/pewarnaan




5
Performan hasil karya




Jumlah Skor yang Diperoleh




Mengetahui :                                                          ……………., …. Juni 2014
Kepala sekolah,                                                       Guru Mata Pelajaran,

……………………………………...                                               ……………………………..
NIP……………………………….                              NIP…………………………………
                  

……………………………………………..  

No comments:

Post a Comment