RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP
Mata
Pelajaran : SENI RUPA
Kelas/Semester : IX/2
Materi
Pokok : Seni
Grafis
Alokasi
Waktu : x pertemuan
A.
Kompetensi
Inti
- Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
- Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
- Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
- Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.
|
1.1 Menerima,
menanggapi dan menghargai keragaman
dan keunikan karya seni rupa modern
sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
|
1.1.1
Menerima keragaman dan keunikan seni grafis sebagai anugerah Tuhan
1.1.2
Menanggapi keragaman dan keunikan seni grafis sebagai anugerah Tuhan
1.1.3 Menghargai keragaman dan keunikan seni grafis sebagai anugerah Tuhan
|
2.
|
2.1
Menunjukkan sikap
menghargai,jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung
jawab, peduli, santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan
sikap percaya diri , motivasi internal
, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya
|
2.1.1
Menghargai orang lain dalam
mengapresiasi dan berkarya dalam seni grafis
2.1.2
Bersikap jujur dalam mengapresiasi dan
berkarya dalam seni grafis
2.1.3 Bersikap disiplin dalam mengapresiasi dan berkarya dalam seni grafis
|
3.
|
3.3
Memahami konsep dan prosedur karya seni grafis dengan beragam media dan teknik
|
3.3.1 Mengidentifikasi
bahan dan alat dalam berkarya seni grafis
3.3.2 Mengidentifikasi prosedur berkarya dalam
seni grafis
|
4.
|
4.3. Membuat karya seni grafis dengan beragam
media dan teknik
|
4.3.1 Membuat karya seni grafis dengan teknik cetak tinggi
4.3.2 Menyajikan hasil karya grafis dalam diskusi di kelas
|
C. Materi Pembelajaran
Seni
Grafis merupakan bagian dari seni rupa 2 dimensi, Grafis diambil dari bahasa
Inggris ‘Graph’ yang berarti membuat tulisan, gambar dengan cara ditoreh
atau digores, Seni Grafis pembuatannya melalui tehnik cetak. Seni Grafis adalah
cabang seni rupa yang proses pembuatan karyanya menggunakan teknik cetak, dan
biasanya diatas kertas. Kecuali pada teknik monotype, prosesnya mampu
menciptakan salinan karya yang sama dalam jumlah banyak, ini yang disebut dengan
proses cetak. Ragam seni grafis ada 4 macam : Cetak tinggi, Cetak saring,Cetak
dalam, Cetak datar
Cetak tinggi: prosesnya dari
cetakan yang dicukil sehingga
membentuk
relief
Cetak saring: prosesnya bahan
screen atau kain yang dilapisi
bahan peka cahaya
Cetak dalam: prosesnya dari
cetakan aluminium yang ditoreh
dengan alat tajam
Cetak datar: prosesnya melalui
pemotretan dengan kamera,
pencucian, dan pencetakan.
Bahan dan peralatan cetak tinggi: papan,
kertas, triplek, karet,
dan
hardboard. Alat: pahat, pencungkil kayu, pensil, gunting, pisau
cutter, dan
gergaji.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Penerapan
model Discovery Learning
Pendahuluan
(10 menit )
1) Guru mengucapkan salam dan membimbing
peserta didik berdoa dilanjutkan memeriksa kehadiran peserta didik.
2) Guru menayangkan video/contoh gambar
karya grafis untuk mendorong peserta didik memberi tanggapan awal tentang isi
tayangan video/gambar karya grafis tersebut.
3) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi.
b. Kegiatan inti (90 menit)
1) Stimulation (simullasi/Pemberian
rangsangan)
Pada
tahap ini peserta didik diberi motivasi
atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik dengan cara:
-
Memutar video /hasil karya
seni grafis
2) Problem statement
(pertanyaan/identifikasi masalah)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi
jenis-jenis musik modern yang dinyanyikan secara perorangan maupun kelompok,
sampai siswa menentukan pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab melalui
kegiatan belajar, contohnya
-
Apa pengertian seni grafis?
- Bagimana teknik
membuat karya seni grafis?
3) Data collection (pengumpulan
data)
Pada
tahap ini peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah diidentifikasi melalui:
-
Membandingkan dari bebrapa karya seni grafis secara perorangan dan kelompok
-
Membandingkan macam-macam teknik seni grafis
-
Mengamati beberapa contoh hasil karya seni grafis
4) Data processing
(pengolahan Data)
Pada
tahap ini peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi untuk mengolah data
hasil pengamatan dengan cara:
-
Mengolah data
pengamatan dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja,
misalnya mengolah data ciri-ciri seni
grafis
.
5) Verification
(pembuktian)
Pada tahap verivikasi peserta didik mendiskusikan hasil pengolahan
data dan memverifikasi hasil pengolahan dengan data-data pada buku sumber. Misalnya dengan cara:
-
Memeriksa kembali data ciri-ciri seni
grafis
-
Menampilkan hasil
karya seni grafis dengan teknik cetak tinggi, cetak datar, cetak dalam, cetak
saring
-
Memverivikasi
jawaban kelompok tentang ciri-ciri
seni grafis
6) Generalization (menarik
kesimpulan)
Pada
tahap ini peserta didik menyimpulkan hasil percobaan dan diskusi misalnya
dengan cara:
Menyimpulkan ciri-ciri seni grafis
c. Penutup (20 menit)
1) Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan pengertian seni grafis
2) Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan
hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3) Guru memberikan tugas rumah berlatih membuat karya grafis untuk
pengayaan dan pembelajaran remedial.
4) Peserta didik mencatat informasi guru tentang kegiatan pembelajaran
berikutnya.
5) Guru membimbing peserta didik berdoa dan mengucapkan salam.
Pertemuan kedua
Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning
a.
Pendahuluan (10 menit )
Dalam kegiatan
pendahuluan guru melakukan langkah-langkah sebagai berikut:
1) Guru mengucapkan salam dan membimbing
peserta didik berdoa dilanjutkan memeriksa kehadiran peserta didik.
2) Guru menayangkan video/contoh gambar
karya grafis untuk mendorong peserta didik memberi tanggapan awal tentang isi
tayangan video/gambar karya grafis tersebut.
3) Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran dan cakupan materi.
b.
Kegiatan inti (100 menit)
Dalam kegiatan inti, peserta didik melakukan langkah-langkah
sebagai berikut:
1) Menentukan pertanyaan mendasar
- Guru melakukan apersepsi tentang
pentingnya pengetahuan tentang seni grafis yang
dilakukan dengan pertanyaan mendasar (Start With
the Essential Question)
- Bagaimanakah upaya yang dapat
dilakukan untuk membuat sebuah karya seni grafis dengan teknik cetak tinggi.
2) Medesain perencanaan Proyek
- Guru memberikan tugas proyek yang harus dilakukan siswa secara
berkelompok tentang berkarya seni grafis dengan teknik cetak tinggi
3) Menyusun jadwal
a. siswa secara berkelompok menentukan proyek yang
akan dikerjakan dengan menentukan judul.
b.
Guru menyampaikan kriteria penilaian proyek yang yang akan dikerjakan oleh
siswa.
c. siswa secara
berkelompok merancang tahapan penyelesaian proyek yang akan dilakukan (misal
membuat karya
seni grafis dengan cetak tinggi)
d.
Mengkonsultasi tahapan penyelesaian proyek kepada guru pembimbing.
4) Memonitoring peserta didik dan kemajuan proyek
Guru bertanggungjawab untuk
melakukan monitor terhadap aktivitas siswa selama menyelesaikan proyek
berkarya seni grafis dengan cetak tinggi. Monitoring dilakukan dengan cara menfasilitasi peserta
didik pada setiap proses. Dengan kata lain guru berperan menjadi mentor bagi
aktivitas peserta didik. Agar mempermudah proses monitoring, dibuat sebuah
rubrik yang dapat merekam keseluruhan aktivitas yang penting.
5) Menguji hasil
Penilaian
dilakukan untuk membantu guru dalam mengukur ketercapaian standar, berperan
dalam mengevaluasi kemajuan masing- masing peserta didik, memberi umpan balik
tentang tingkat pemahaman yang sudah dicapai peserta didik, membantu pengajar
dalam menyusun strategi pembelajaran berikutnya.
6) Mengevaluasi pengalaman
Pada
akhir proses pembelajaran, guru dan siswa melakukan refleksi terhadap aktivitas
dan hasil proyek yang sudah dijalankan. Proses refleksi dilakukan baik secara
individu maupun kelompok. Pada tahap ini peserta didik diminta untuk
mengungkapkan perasaan dan pengalamannya selama menyelesaikan proyek
berkaya seni grafis dengan cetak tinggi.
c.
Penutup (10 menit)
Kegiatan penutup mencakup langkah-langkah sebagai berikut:
1)
Guru bersama-sama peserta didik
menyimpulkan prosedur dan teknik berkarya seni grafis
2)
Guru bersama-sama peserta didik
melakukan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3) Peserta didik mencatat informasi guru tentang
kegiatan pembelajaran berikutnya.
4) Guru membimbing peserta didik
berdoa dan mengucapkan salam.
Ulangan Harian (20 menit)
Mengerjakan
soal uraian sejumlah 4 butir soal
Pembahasan/Refleksi (10 menit)
Membahas
soal/melakukan refleksi terhadap indikator pencapaian kompetensi
Perbaikan/Pengayaan (20 menit)
Hasil
analisis Ulangan Harian:
a.
Tuntas secara
klasikal
Melaksanakan program pengayaan,
sementara peserta didik yang tidak tuntas mengikuti program perbaikan.
b.
Tidak tuntas
secara klasikal
Melaksanakan program perbaikan, sementara peserta
didik yang tuntas mengikuti program pengayaan.
E. Penilaian, Pembelajaran Remedial,
dan Pengayaan
1. Sikap spiritual
a.
Teknik Penilaian: Penilaian diri
b.
Bentuk Instrumen: Lembar penilaian diri
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
Menerima dengan
baik keragaman dan keunikan karya seni grafis sebagai anugerah Tuhan
|
1
|
Instrumen: lihat Lampiran 1
2. Sikap sosial
a.
Teknik Penilaian: Observasi, Penilaian Diri
b.
Bentuk Instrumen: lembar observasi, lembar
penilaian diri
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
Menghargai
karya seni grafis
|
1
|
|
jujur
|
2
|
|
Tanggung jawab
|
3
|
|
disiplin
|
4
|
Instrumen: lihat Lampiran 2
3. Pengetahuan
a. Teknik
Penilaian: tes tertulis
b. Bentuk Instrumen: soal
uraian
c. Kisi-kisi:
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
Peserta
didik dapat menjelaskan pengertian
seni grafis
|
Soal tes tulis nomor 1
|
|
Peserta
didik dapat menjelaskan jenis karya
grafis berdasarkan teknik
|
Soal tes tulis nomor 2
|
|
Peserta
didik dapat menyebutkan alat dan
bahan untuk berkarya grafis
|
Soal tes tulis nomor 3
|
|
Peserta
didik dapat menyebutkan teknik
membuat karya grafis
|
Soal tes tulis nomor 4
|
|
Peserta
didik dapat membuat karya grafis
|
Rubrik Penilaian Produk
|
|
Peserta
didik dapat menunjukkan teknik
membuat seni grafis
|
Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
|
|
|
|
Instrumen: lihat Lampiran 3
4.
Keterampilan
a. Teknik
Penilaian: observasi
b. Bentuk Instrumen: lembar
observasi
c. Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Membuat karya seni grafis dengan cetak tinggi
|
|
|
|
|
Instrumen: lihat Lampiran 4
Lampiran 1: Penilaian Sikap
Spiritual
Instrumen Penilaian Diri: Digunakan untuk
menilai sikap spiritual peserta didik, dalam berkaryaseni grafis
sebagai ciptaan Tuhan sesuai wujud pengamalan agama yang dianutnya
Petunjuk:
Lakukan penilaian terhadap diri
Anda sendiri dalam hal seni
grafis sebagai ciptaan Tuhan sesuai wujud pengamalan
agama yang Anda anut
Lembar Penilaian Diri:
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
|||
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1.
|
Menghargai setiap
karya seni grafis sebagai karunia Tuhan
sebagai wujud pengamalan agama yang
dianutnya.
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian:
Aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
|||
K
|
C
|
B
|
SB
|
|
Menghargai setiap karya seni grafis sebagai
karunia Tuhan sebagai wujud pengamalan agama yang dianutnya.
|
Malas-malasan dalam membuat karya seni grafis
|
Membuat karya seni grafis selalu diingatkan
|
Membuat karyaseni grafis walau kadang-kadang
masih diingatkan
|
Membuat karya seni grafis dengan kesadaran
sendiri
|
Lampiran 2: Penilaian Sikap
Sosial
Instrumen Penilaian Diri: Digunakan untuk
menilai sikap sosial peserta didik dalam hal kepedulian pada diri sendiri dan
kepedulian pada lingkungan.
1. Lembar
Penilaian Diri: Kepedulian pada kesehatan diri sendiri
Digunakan
untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam hal kepedulian pada hasil karya diri
sendiri.
Petunjuk:
Lakukan penilaian pada diri Anda
sendiri dalam hal kebiasaan-kebiasaan yang baik dan sehat yang Anda lakukan sehari-hari.
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
a.
|
Jujur
|
|
|
|
|
b.
|
Tanggung jawab
|
|
|
|
|
c.
|
Disiplin
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian:
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
a.
|
Jujur
|
Selalu, plagiat
|
Kadang-kadang plagiat tapi sering plagiat
|
Sering tidak plagiat tapi kadang-kadang plagiat
|
Selalu, membuat karya membuat karya dengan
idenya sendiri
|
b.
|
Tanggung jawab
|
Tidak pernah, melaksanakan tugas individu
dengan baik
|
Kadang-kadang, melaksanakan tugas individu
dengan baik tapi Sering tidak melaksanakan tugas individu dengan baik
|
Sering, melaksanakan tugas individu dengan
baik tapi kadang-kadang tidak melaksanakan tugas individu dengan baik
|
Selalu melaksanakan tugas individu dengan baik
|
c.
|
Disiplin
|
Tidak pernah, mengumpulkan tugas tepat waktu
|
Kadang-kadang, mengumpulkan tugas tepat waktu
tapi Sering mengumpulkan tugas tidak tepat
waktu
|
Sering, mengumpulkan tugas tepat waktu tapi
kadang-kadang mengumpulkan tugas tidak
tepat waktu
|
Selalu, mengumpulkan tugas tepat waktu
|
Lampiran 3: Penilaian
Pengetahuan
Tes Tulis: Digunakan untuk menilai pengetahuan
peserta didik dalam materi pokok seni
grafis
Petunjuk:
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar!
1. Jelaskan pengertian
seni grafis !
2. Sebutkan 4 macam
teknik yang digunakan dalam seni grafis ?
3. Sebutkan alat dan bahan yang digunakan dalam membuat
karya grafis dengan teknik cetak tinggi ?
Rubrik Penilaian:
No.
|
Jawaban
|
Skor Maksimal
|
1.
|
Mencetakmerupakan
suatu cara memperbanyakgambar dengan alat cetak
|
10
|
2.
|
Cetak tinggi,
cetak dalam, cetak datar, cetak saring
|
10
|
3.
|
Stempel
dengan desain gambar yg sudah dibuat
Kertas gambar
|
10
|
|
Total
skor maksimal
|
|
Kriteria penilaian
![]() |
Nilai = x 10 =
F. Media/ Alat, Bahan, dan Sumber
Belajar
Menggambar
model dilakukan dengan menggunaan media, alat, dan sumber belajar sebagai
berikut:
1.
Media : Kertas A3, contoh gambar ragam hias,kain
mori, cat tekstil dan LCD
2.
Alat : Pensil
HB, 2B, kuas
dan pensil warna
3.
Sumber Belajar
a.
Eko Purnomo, dkk (2014). Buku Ajar Seni Budaya:
Balitbang Kemdikbud.
|
Surakarta, juli
2015
|
Kepala Sekolah
SMP
|
Guru Seni Rupa
|
No comments:
Post a Comment