Wednesday, 21 October 2015

RPP SENI RUPA KELAS 9 SEMESTER 2 (SENI GRAFIS)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan           :    SMP
Mata Pelajaran                 :    SENI RUPA
Kelas/Semester                :    IX/2
Materi Pokok                   :    Seni Grafis
Alokasi Waktu                 :         x pertemuan


A.      Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
  1. 
1.1       Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni rupa modern  sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan

1.1.1       Menerima keragaman dan keunikan seni grafis sebagai anugerah Tuhan
1.1.2       Menanggapi keragaman dan keunikan seni grafis sebagai anugerah Tuhan
1.1.3    Menghargai keragaman dan keunikan seni grafis sebagai anugerah Tuhan
2.
2.1   Menunjukkan sikap  menghargai,jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian

2.2   Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya
2.1.1        Menghargai orang lain dalam mengapresiasi dan berkarya dalam seni grafis
2.1.2        Bersikap jujur dalam mengapresiasi dan berkarya dalam seni grafis
2.1.3      Bersikap disiplin dalam mengapresiasi dan berkarya dalam  seni grafis
3.
3.3  Memahami  konsep  dan prosedur karya seni grafis dengan beragam media dan teknik

3.3.1      Mengidentifikasi bahan dan alat dalam berkarya seni grafis
3.3.2    Mengidentifikasi prosedur berkarya dalam seni grafis
4.
4.3.   Membuat karya seni grafis dengan beragam media dan teknik
4.3.1     Membuat karya seni grafis dengan teknik cetak tinggi
4.3.2     Menyajikan hasil karya grafis dalam diskusi di kelas

C.    Materi  Pembelajaran
Seni Grafis merupakan bagian dari seni rupa 2 dimensi, Grafis diambil dari bahasa Inggris ‘Graph’ yang berarti membuat tulisan, gambar dengan cara ditoreh atau digores, Seni Grafis pembuatannya melalui tehnik cetak. Seni Grafis adalah cabang seni rupa yang proses pembuatan karyanya menggunakan teknik cetak, dan biasanya diatas kertas. Kecuali pada teknik monotype, prosesnya mampu menciptakan salinan karya yang sama dalam jumlah banyak, ini yang disebut dengan proses cetak. Ragam seni grafis ada 4 macam : Cetak tinggi, Cetak saring,Cetak dalam, Cetak datar
Cetak tinggi: prosesnya dari cetakan yang dicukil sehingga
  membentuk relief
Cetak saring: prosesnya bahan screen atau kain yang dilapisi
    bahan peka cahaya
Cetak dalam: prosesnya dari cetakan aluminium yang ditoreh
    dengan alat tajam
Cetak datar: prosesnya melalui pemotretan dengan kamera,
    pencucian, dan pencetakan.
    Bahan dan peralatan cetak tinggi: papan, kertas, triplek, karet,
dan hardboard. Alat: pahat, pencungkil kayu, pensil, gunting, pisau
cutter, dan gergaji.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 
Pertemuan Pertama
Penerapan model Discovery Learning
Pendahuluan (10 menit )
1) Guru mengucapkan salam dan membimbing peserta didik berdoa dilanjutkan memeriksa kehadiran peserta didik.
2) Guru menayangkan video/contoh gambar karya grafis untuk mendorong peserta didik memberi tanggapan awal tentang isi tayangan video/gambar karya grafis tersebut.
3) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi.

b. Kegiatan inti (90 menit)
1) Stimulation (simullasi/Pemberian rangsangan)
Pada tahap ini peserta didik  diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik dengan cara:
-       Memutar video /hasil karya seni grafis

2) Problem statement (pertanyaan/identifikasi masalah)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi jenis-jenis musik modern yang dinyanyikan secara perorangan maupun kelompok, sampai siswa menentukan pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya
-       Apa pengertian seni grafis?
-       Bagimana teknik membuat karya seni grafis?

3) Data collection (pengumpulan data)
 Pada tahap ini peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan  untuk menjawab pertanyaan  yang telah diidentifikasi melalui:
-       Membandingkan dari bebrapa karya seni grafis  secara perorangan dan kelompok
-       Membandingkan macam-macam teknik seni grafis
-        Mengamati beberapa contoh hasil karya seni grafis

4) Data processing (pengolahan Data)
Pada tahap ini peserta didik dalam kelompoknya  berdiskusi untuk mengolah data  hasil pengamatan dengan cara:
-       Mengolah data   pengamatan dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja, misalnya  mengolah data ciri-ciri seni grafis
.
5) Verification (pembuktian)
Pada tahap verivikasi  peserta didik mendiskusikan hasil pengolahan data dan memverifikasi hasil pengolahan dengan data-data pada buku sumber.  Misalnya dengan cara:
-       Memeriksa kembali data ciri-ciri seni grafis
-       Menampilkan hasil karya seni grafis dengan teknik cetak tinggi, cetak datar, cetak dalam, cetak saring
-       Memverivikasi jawaban kelompok tentang ciri-ciri seni grafis

6) Generalization (menarik kesimpulan)
Pada tahap ini peserta didik menyimpulkan hasil percobaan dan diskusi misalnya dengan cara:
Menyimpulkan ciri-ciri seni grafis

c. Penutup (20 menit)
1) Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan pengertian seni grafis
2) Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3) Guru memberikan tugas rumah berlatih membuat karya grafis untuk pengayaan dan pembelajaran remedial.
4) Peserta didik mencatat informasi guru tentang kegiatan pembelajaran berikutnya.
5) Guru membimbing peserta didik berdoa dan mengucapkan salam.





Pertemuan kedua
Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning
a.         Pendahuluan  (10 menit )

Dalam kegiatan pendahuluan guru melakukan langkah-langkah sebagai berikut:
1) Guru mengucapkan salam dan membimbing peserta didik berdoa dilanjutkan memeriksa kehadiran peserta didik.
2) Guru menayangkan video/contoh gambar karya grafis untuk mendorong peserta didik memberi tanggapan awal tentang isi tayangan video/gambar karya grafis tersebut.
3) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi.

b.         Kegiatan inti (100 menit)

Dalam kegiatan inti, peserta didik melakukan langkah-langkah sebagai berikut:
1) Menentukan pertanyaan mendasar  
- Guru melakukan apersepsi tentang pentingnya pengetahuan tentang seni grafis yang dilakukan  dengan pertanyaan mendasar (Start With the Essential Question)
- Bagaimanakah upaya yang dapat dilakukan untuk membuat sebuah karya seni grafis dengan teknik cetak tinggi.

2) Medesain perencanaan Proyek
- Guru memberikan tugas proyek yang harus dilakukan siswa secara berkelompok tentang berkarya seni grafis dengan teknik cetak tinggi

3) Menyusun jadwal
a. siswa secara berkelompok menentukan proyek yang akan dikerjakan dengan menentukan judul.
b. Guru menyampaikan kriteria penilaian proyek yang yang akan dikerjakan oleh siswa.
c.  siswa secara berkelompok merancang tahapan penyelesaian proyek yang akan dilakukan (misal membuat karya seni grafis dengan cetak tinggi)
d. Mengkonsultasi tahapan penyelesaian proyek kepada guru pembimbing.

4) Memonitoring peserta didik dan kemajuan proyek
Guru bertanggungjawab untuk melakukan monitor terhadap aktivitas siswa selama menyelesaikan proyek berkarya seni grafis dengan cetak tinggi. Monitoring dilakukan dengan cara menfasilitasi peserta didik pada setiap proses. Dengan kata lain guru berperan menjadi mentor bagi aktivitas peserta didik. Agar mempermudah proses monitoring, dibuat sebuah rubrik yang dapat merekam keseluruhan aktivitas yang  penting.

5) Menguji hasil
Penilaian dilakukan untuk membantu guru dalam mengukur ketercapaian standar, berperan dalam mengevaluasi kemajuan masing- masing peserta didik, memberi umpan balik tentang tingkat pemahaman yang sudah dicapai peserta didik, membantu pengajar dalam menyusun strategi pembelajaran berikutnya.
6) Mengevaluasi pengalaman
Pada akhir proses pembelajaran, guru dan siswa melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil proyek yang sudah dijalankan. Proses refleksi dilakukan baik secara individu maupun kelompok. Pada tahap ini peserta didik diminta untuk mengungkapkan perasaan dan pengalamannya selama menyelesaikan proyek berkaya seni grafis dengan cetak tinggi.

c.         Penutup (10 menit)
Kegiatan penutup mencakup langkah-langkah sebagai berikut:
1)        Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan prosedur dan teknik berkarya seni grafis
2)        Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3)    Peserta didik mencatat informasi guru tentang kegiatan pembelajaran berikutnya.
4)    Guru membimbing peserta didik berdoa dan mengucapkan salam.

Ulangan Harian (20 menit)
Mengerjakan soal uraian sejumlah 4 butir soal

Pembahasan/Refleksi (10 menit)
Membahas soal/melakukan refleksi terhadap indikator pencapaian kompetensi

Perbaikan/Pengayaan (20 menit)
Hasil analisis Ulangan Harian:
a.    Tuntas secara klasikal
Melaksanakan program pengayaan, sementara peserta didik yang tidak tuntas mengikuti program perbaikan.
b.    Tidak tuntas secara klasikal
Melaksanakan program perbaikan, sementara peserta didik yang tuntas mengikuti program pengayaan.

E.      Penilaian, Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan
                  1.     Sikap spiritual
a.         Teknik Penilaian: Penilaian diri
b.        Bentuk Instrumen: Lembar penilaian diri
c.         Kisi-kisi:
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
Menerima dengan baik keragaman dan keunikan karya seni grafis sebagai anugerah Tuhan
1
Instrumen: lihat Lampiran 1

                  2.     Sikap sosial
a.         Teknik Penilaian: Observasi, Penilaian Diri
b.        Bentuk Instrumen: lembar observasi, lembar penilaian diri
c.         Kisi-kisi:
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
Menghargai karya seni grafis
1
  1.  
jujur
2
  1.  
Tanggung jawab
3
  1.  
disiplin
4

Instrumen: lihat Lampiran 2

                  3.     Pengetahuan
                                 a.     Teknik Penilaian: tes tertulis
                                b.     Bentuk Instrumen: soal uraian
                                 c.     Kisi-kisi:
No.
Indikator
Butir Instrumen
  1.  
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian seni grafis
Soal tes tulis nomor 1
  1.  
Peserta didik dapat menjelaskan jenis karya grafis berdasarkan teknik
Soal tes tulis nomor 2
  1.  
Peserta didik dapat menyebutkan alat dan bahan untuk berkarya grafis
Soal tes tulis nomor 3
  1.  
Peserta didik dapat menyebutkan teknik membuat karya grafis
Soal tes tulis nomor 4
  1.  
Peserta didik dapat membuat karya grafis
Rubrik Penilaian Produk
  1.  
Peserta didik dapat menunjukkan teknik membuat seni grafis
Rubrik Penilaian Unjuk Kerja












Instrumen: lihat Lampiran 3

             4.          Keterampilan
a.    Teknik Penilaian: observasi
b.    Bentuk Instrumen: lembar observasi
c.    Kisi-kisi:
No.
Keterampilan
Butir Instrumen
1.
Membuat  karya seni grafis dengan cetak tinggi





Instrumen: lihat Lampiran 4

              Lampiran 1: Penilaian Sikap Spiritual
              Instrumen Penilaian Diri:  Digunakan untuk menilai sikap spiritual peserta didik, dalam berkaryaseni grafis sebagai ciptaan Tuhan sesuai wujud pengamalan agama yang dianutnya

              Petunjuk:
Lakukan penilaian terhadap diri Anda sendiri dalam hal seni grafis sebagai ciptaan Tuhan sesuai wujud pengamalan agama yang Anda anut
              Lembar Penilaian Diri:
No.
Aspek yang dinilai
Skor
K
C
B
SB
1.
Menghargai setiap karya seni grafis sebagai karunia  Tuhan sebagai  wujud pengamalan agama yang dianutnya.                 





              Rubrik Penilaian:
Aspek yang dinilai
Penilaian
K
C
B
SB
Menghargai setiap karya seni grafis sebagai karunia  Tuhan sebagai  wujud pengamalan agama yang dianutnya.                  
Malas-malasan dalam membuat karya seni grafis
Membuat karya seni grafis selalu diingatkan
Membuat karyaseni grafis walau kadang-kadang masih diingatkan
Membuat karya seni grafis dengan kesadaran sendiri

              Lampiran 2: Penilaian Sikap Sosial
              Instrumen Penilaian Diri:  Digunakan untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam hal kepedulian pada diri sendiri dan kepedulian pada lingkungan.
              1.  Lembar Penilaian Diri: Kepedulian pada kesehatan diri sendiri
          Digunakan untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam hal kepedulian pada hasil karya diri sendiri.






              Petunjuk:
Lakukan penilaian pada diri Anda sendiri dalam hal kebiasaan-kebiasaan yang baik dan sehat  yang Anda lakukan sehari-hari.
No.
Aspek yang dinilai
Skor
1
2
3
4
a.
Jujur




b.
Tanggung jawab




c.
Disiplin






              Rubrik Penilaian:
No.
Aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
a.
Jujur
Selalu, plagiat
Kadang-kadang plagiat tapi sering plagiat
Sering tidak plagiat tapi kadang-kadang plagiat
Selalu, membuat karya membuat karya dengan idenya sendiri
b.

Tanggung jawab
Tidak pernah, melaksanakan tugas individu dengan baik
Kadang-kadang, melaksanakan tugas individu dengan baik tapi Sering tidak melaksanakan tugas individu dengan baik
Sering, melaksanakan tugas individu dengan baik tapi kadang-kadang tidak melaksanakan tugas individu dengan baik
Selalu melaksanakan tugas individu dengan baik
c.
Disiplin
Tidak pernah, mengumpulkan tugas tepat waktu
Kadang-kadang, mengumpulkan tugas tepat waktu tapi Sering mengumpulkan tugas tidak  tepat waktu
Sering, mengumpulkan tugas tepat waktu tapi kadang-kadang mengumpulkan tugas tidak  tepat waktu
Selalu, mengumpulkan tugas tepat waktu

              Lampiran 3: Penilaian Pengetahuan

Tes Tulis:     Digunakan untuk menilai pengetahuan peserta didik dalam materi pokok seni grafis

Petunjuk:
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar!
1.    Jelaskan pengertian seni grafis !
2.    Sebutkan 4 macam teknik yang digunakan dalam seni grafis ?
3.    Sebutkan  alat dan bahan yang digunakan dalam membuat karya grafis dengan teknik cetak tinggi ?
              Rubrik Penilaian:
No.
Jawaban
Skor Maksimal
1.
Mencetakmerupakan suatu cara memperbanyakgambar dengan alat cetak
10
2.
Cetak tinggi, cetak dalam, cetak datar, cetak saring
10
3.
Stempel dengan desain gambar yg sudah dibuat
Kertas gambar

10

Total skor maksimal


Kriteria penilaian
 


Nilai =                                                  x 10 =                                       






F.   Media/ Alat, Bahan, dan Sumber Belajar

Menggambar model dilakukan dengan menggunaan media, alat, dan sumber belajar sebagai berikut:
1.      Media : Kertas A3, contoh gambar ragam hias,kain mori, cat tekstil  dan LCD
2.      Alat :  Pensil HB, 2B, kuas dan pensil warna
3.      Sumber Belajar
a.    Eko Purnomo, dkk (2014). Buku Ajar Seni Budaya: Balitbang Kemdikbud.




Surakarta,    juli 2015

Kepala Sekolah
SMP






Guru Seni Rupa






No comments:

Post a Comment