Wednesday, 21 October 2015

RPP SENI RUPA KELAS 9 SEMESTER 2 ( PAMERAN )

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                 : …………………………………..
Mata Pelajaran                  : Seni Budaya (Seni Rupa)
Kelas/Semester                 : IX/2
Alokasi Waktu                    : 120 menit ( 3X pertemuan)

A.   KOMPETENSI INTI
a.  KI 1     : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
b.  KI 2     : Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung  
jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi internal, toleransi gotong royong, kerjasama, cinta damai  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
c.  KI 3     : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
d.  KI 4  : Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasii, membuat  dan mencipta)  dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

KI
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
  1.  
1.1          Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni rupa modern  sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan

1.1.1 Bersemangat dalam mempelajari  keragaman dan keunikan karya seni sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
  1.  
2.1     Menunjukkan sikap menghargai,jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian

2.1.1          Tidak menyalin karya orang lain dalam membuat gambar ilustrasi
2.1.2          Membawa perlengkapan belajar yang sesuai dengan materi menggambar ilustrasi

2.2.1         Melaksanakan tugas individu menggambar ilustrasi dengan baik
2.2.2         Tidak melakukan aktifitas yang mengganggu atau merugikan orang lain ketika menggambar ilstrasi
2.1.1.   Menggunakan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam menggambar ilustrasi
2.1.2.   Berani mempresentasikan karyanya di depan kelas

3.
3.4     Memahami konsep  dan prosedur  pada kegiatan merancang dan menyelenggarakan pameran

3.1.1    Menjelaskan pengertian  gambar ilustrasi
3.1.2    Mengidentifikasi jenis obyek gambar ilustrasi
3.1.3    Mengidentifikasi karakter obyek gambar ilustrasi

4.
4.4.  Merancang dan menyelenggarakan pameran

4.1.1    Menggambar ilustrasi dengan teknik manual
4.1.2    Menggambar ilustrasi dengan teknik digital


C.  Deskripsi Materi Pembelajaran 
Pameran merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok untuk mengkomunikasikan memperkenalka, memperlihatkan, memajang hasil karya untuk diamati, dihayati dan diapresiasi oleh orang lain. Secara umum, pameran dikelompokkan berdasarkan jenis karya, jumlah peserta, waktu maupun tempat yang akan digunakan.
D.  Kegiatan Pembelajaran         
1. Pertemuan Pertama ( 3JP)
a.      Pendahuluan  (10 menit )
1)    Menyapa peserta didik, berdoa, dan mengecek kehadiran peserta didik
2)    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang akan dipelajari
3)    Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4)    Menyampaikan cakupan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5)    Guru menayangkan atau menunjukkan beberapa contoh denah tempat pameran.


b. Kegiatan Inti (100 menit)
1. MENGAMATI
·     Melihat pameran  
·     Membaca buku tentang konsep dan prosedur melaksanakan pameran
2. MENANYA
·      
3. MENCOBA/MENGUMPULKAN DATA/INFORMASI
·   Mencari  informasi tempat untuk melaksanakan pameran
4. MENGASOSIASI/MENGANALISIS DATA/MENALAR
·       Membandingkan  berbagai tempat untuk melaksanakan pameran
5. MENGKOMUNIKASIKAN
·     Mempresentasikan tentang pemahaman/pengertian pameran secara rinci

       c. Penutup (10 menit)
1)     Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan pemahaman tentang konsep dan pengertian pameran
2)     Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3)     Guru memberikan tugas individual membuat denah tempat pameran untuk pelaksanaan pembelajaran
4)     Peserta didik mencatat informasi guru tentang kegiatan pembelajaran berikutnya
5)     Guru membimbing peserta didik berdoa dan mengucapkan salam

2. Pertemuan Kedua (3JP)
a. Pendahuluan  (10 menit )
1)      Menyapa peserta didik, berdoa, dan mengecek kehadiran peserta didik
2)      Guru menayangkan video pelaksanaan pameran
3)      Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang akan dipelajari
4)      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5)      Menyampaikan cakupan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b. Kegiatan Inti (100 menit)

1. MENGAMATI
·     Mengamati contoh denah ruang pameran
·     Melihat  tayangan  pelaksanaan pameran baik didalam maupun diluar ruangan
2. MENANYA
·     Menanyakan   teknik   membuat denah ruang pameran
3. MENCOBA/MENGUMPULKAN DATA/INFORMASI
·   Bereksperimen dengan beragam teknik dalam membuat denah ruang pameran
4. MENGASOSIASI/MENGANALISIS DATA/INFORMASI
·       Membandingkan  prosedur menggambar denah ruang pameran didalam maupun diluar ruangan dengan teknik manual dan digital
5. MENGKOMUNIKASIKAN
·         Meggambar denah ruang pameran didalam ruangan dengan teknik maual

c. Penutup (10menit)
1)    Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan tentang cara menggambar denah ruang pameran
2)    Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3)    Guru memberikan tugas kelompok  mencari gambar denah ruang pameran baik didalam maupun diluar ruangan untuk pembelajaran berikutnya.
4)    Peserta didik mencatat informasi guru tentang kegiatan pembelajaran berikutnya
5)    Guru membimbing peserta didik berdoa dan mengucapkan salam

3. Pertemuan Ketiga (3JP)
a. Pendahuluan  (10 menit )
1.    Menyapa peserta didik, berdoa, dan mengecek kehadiran peserta didik
2.    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang akan dipelajari
3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.    Menyampaikan cakupan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b. Kegiatan Inti (100 menit)

1. MENGAMATI
    Mengamati  gambar  denah ruang pameran yang dipresentasikan oleh masing-
    masing kelompok
2. MENANYA
    Menanya tentang bagaimana pameran yang akan dilaksanakan dengan denah  
    gambar  yang telah dipresentasikan oleh masing-masing kelompok.
3. MENCOBA/MENGUMPULKAN DATA/INFORMASI
    Bereksperimen dengan beragam teknik dalam membuat gambar denah ruang   
    pameran dengan berbagai teknik
4. MENGASOSIASI/MENGANALISIS DATA/INFORMASI
    Membandingkan  prosedur menggambar denah ruang pameran dengan teknik 
    manual dan digital
5. MENGKOMUNIKASIKAN
Menggambar denah ruang pameran dengan teknik manual maupun digital

c. Penutup (10menit)
1.    Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan tentang praktek melaksanakan pameran
2.    Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3.    Guru memberikan tugas rumah untuk pengayaan dan pembelajaran remedial.
4.    Peserta didik mencatat informasi guru tentang kegiatan pembelajaran berikutnya
5.    Guru membimbing peserta didik berdoa dan mengucapkan salam


E.    Penilaian

1.         Teknik Penilaian : observasi, penilaian diri, penilaian antar peserta didik, tes tertulis, tes lisan,  tes praktek
2.         Instrumen penilaian dan pedoman penskoran:
a) Pertemuan pertama
 Kompetensi Sikap spiritual
a.    Teknik Penilaian                      : Observasi , penilaian diri
b.    Bentuk Instrumen                  : Lembar Observasi (lampiran 1A) dan lembar penilaian diri (lampiran 1B)
c.     Kisi-kisi                                        :

No.
Butir nilai(Sikap Spiritual)
Indikator
Jml Butir
  1.  
Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni rupa modern  sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
1.1.Bersemangat dalam mempelajari  keragaman dan keunikan karya seni sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan


1


1.2.Mensyukuri kekayaan alam Indonesia dengan memanfaatkan sebagai sumber ide dalam membuat gambar ilustrasi

1

d. Petunjuk Penghitungan skor : lihat lampiran 1C
Kompetensi Pengetahuan
a. Teknik Penilaian             : Tes Tertulis
b.Bentuk Instrumen : Tes Uraian (lampiran 1D)
c.Kisi-kisi                     :

No.
Indikator
Jml Butir Soal
No. Butir Soal
  1.  
Menjelaskan pengertian  pameran

1
1
  1.  
Menyebutkan jenis-jenis
2
2-3
  1.  
Menjelaskan tujuan gambar ilustrasi
1
4
  1.  
Menjelaskan fungsi gambar ilustrasi
2
5-6
  1.  
Menjelaskan karakter obyek gambar ilustrasi
2
7-8
  1.  
Menjelaskan perbedaan teknik menggambar ilustrasi secara manual dengan digital
2
9-10

d.      Petunjuk (rubrik) penskoran dan penentuan nilai (lampiran 1E)
b) pertemuan kedua
Kompetensi Sikap sosial
e.        Teknik Penilaian   : Observasi, Penilaian Diri
f.          Bentuk Instrumen: Lembar Observasi (lampiran 2A) dan lembar penilaian diri (lampiran 2B)
g.         Kisi-kisi                                     :

No.
Butir Nilai (Sikap Sosial)
Indikator
Jumlah Butir
1
Kejujuran
Tidak menyalin karya orang lain dalam membuat gambar denah ruang pameran
1
2
Disiplin
Membawa perlengkapan belajar yang sesuai dengan materi menggambar denah ruang pameran
         1
3
Tanggung jawab
Melaksanakan tugas individu menggambar denah ruang pameran dengan baik
          1
4
Toleransi
Tidak melakukan aktifitas yang mengganggu atau merugikan orang lain ketika menggambar denah ruag pameran

1
5
Peduli
Menggunakan contoh gambar/vidio pelaksanaan pameran sebagai sumber ide dalam menggambar denah ruang pameran

1
6
Percaya diri
Berani mempresentasikan karyanya di depan kelas

          1
d. Petunjuk Penghitungan skor (lampiran 2C)

c) Pertemuan ketiga

Kompetensi Keterampilan
                            a.     Teknik Penilaian      : Tes Praktik
                           b.     Bentuk Instrumen  : Lembar Penilaian Praktik (lampiran 3A)
                            c.     Kisi-kisi                        :
No.
Indikator
Jml Butir Soal
  1.  
Menggambar ilustrasi dengan teknik manual

1
  1.  
Menggambar ilustrasi dengan teknik digital

1
d.      Petunjuk Penghitungan Skor (rubrik):  Lampiran 3B
e.        
E. Media, Alat/Bahan dan Sumber Belajar
1. Media                 :
a.    Video teknik menggambar ilustrasi
b.    Contoh-contoh gambar ilustrasi
c.    Peragaan dari guru

2. Alat/bahan           :
·         LCD
·         Buku gambar, Pensil, penghapus, krayon



3. Sumber Belajar     :
a.   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2013). Seni Budaya. Buku Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, halaman ....
b.   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2013). Seni Budaya. Buku Siswa. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, halaman ....
c.   Guru
d.   Internet


Mengetahui,
Kepala SMP  …………………..



…………………………………………..
NIP.   ……………………………………        

Surakarta,     Juli 2014
Guru Mapel Seni Budaya.



…………………………………………
NIP.   ………………………………..


2 comments: