RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : …………………………………..
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni
Rupa)
Kelas/Semester : IX/2
Alokasi Waktu : 120 menit (
3X pertemuan)
A.
KOMPETENSI INTI
a. KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
b. KI 2 :
Menghargai, dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli,
santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi internal, toleransi
gotong royong, kerjasama, cinta damai
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
c. KI 3 :
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
d. KI 4 : Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasii, membuat dan
mencipta) dan abstrak (menulis, membaca,
menghitung, mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari
berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KI
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
1.1
Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni rupa modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
|
1.1.1 Bersemangat
dalam mempelajari keragaman dan keunikan karya seni sebagai
bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
|
|
2.1
Menunjukkan sikap menghargai,jujur, disiplin, melalui aktivitas
berkesenian
|
2.1.1
Tidak menyalin karya orang lain dalam
membuat gambar ilustrasi
2.1.2
Membawa
perlengkapan belajar yang sesuai dengan materi menggambar ilustrasi
2.2.1
Melaksanakan tugas individu menggambar
ilustrasi dengan baik
2.2.2
Tidak melakukan aktifitas yang mengganggu
atau merugikan orang lain ketika menggambar ilstrasi
2.1.1. Menggunakan lingkungan sekitar sebagai
sumber ide dalam menggambar ilustrasi
2.1.2. Berani mempresentasikan karyanya di depan
kelas
|
3.
|
3.4
Memahami konsep dan prosedur pada kegiatan merancang dan
menyelenggarakan pameran
|
3.1.1
Menjelaskan
pengertian gambar ilustrasi
3.1.2
Mengidentifikasi
jenis obyek gambar ilustrasi
3.1.3
Mengidentifikasi
karakter obyek gambar ilustrasi
|
4.
|
4.4. Merancang dan menyelenggarakan
pameran
|
4.1.1
Menggambar
ilustrasi dengan teknik manual
4.1.2
Menggambar
ilustrasi dengan teknik digital
|
C. Deskripsi Materi Pembelajaran
Pameran merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seseorang
atau kelompok untuk mengkomunikasikan memperkenalka, memperlihatkan, memajang
hasil karya untuk diamati, dihayati dan diapresiasi oleh orang lain. Secara
umum, pameran dikelompokkan berdasarkan jenis karya, jumlah peserta, waktu
maupun tempat yang akan digunakan.
D. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama ( 3JP)
a. Pendahuluan
(10 menit )
1)
Menyapa
peserta didik, berdoa, dan mengecek kehadiran peserta didik
2)
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang akan dipelajari
3) Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4) Menyampaikan cakupan materi pembelajaran yang
akan dilaksanakan.
5) Guru menayangkan atau menunjukkan beberapa contoh
denah tempat pameran.
b. Kegiatan Inti (100
menit)
1. MENGAMATI
·
Melihat pameran
·
Membaca buku tentang konsep dan prosedur
melaksanakan pameran
|
2. MENANYA
·
|
3. MENCOBA/MENGUMPULKAN DATA/INFORMASI
· Mencari informasi tempat untuk melaksanakan pameran
|
4. MENGASOSIASI/MENGANALISIS DATA/MENALAR
· Membandingkan berbagai tempat untuk melaksanakan pameran
|
5. MENGKOMUNIKASIKAN
·
Mempresentasikan tentang pemahaman/pengertian pameran
secara rinci
|
c. Penutup (10 menit)
1) Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan
pemahaman tentang konsep dan pengertian pameran
2) Guru bersama-sama peserta didik melakukan
refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3) Guru memberikan tugas individual membuat
denah tempat pameran untuk pelaksanaan pembelajaran
4) Peserta didik mencatat informasi guru tentang
kegiatan pembelajaran berikutnya
5) Guru membimbing peserta didik berdoa dan mengucapkan
salam
2. Pertemuan Kedua (3JP)
a. Pendahuluan
(10 menit )
1)
Menyapa
peserta didik, berdoa, dan mengecek kehadiran peserta didik
2)
Guru
menayangkan video pelaksanaan pameran
3)
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang akan dipelajari
4) Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
5) Menyampaikan cakupan materi pembelajaran yang
akan dilaksanakan.
b. Kegiatan Inti (100
menit)
1. MENGAMATI
· Mengamati contoh denah ruang pameran
· Melihat tayangan pelaksanaan pameran baik
didalam maupun diluar ruangan
|
2. MENANYA
· Menanyakan teknik
membuat denah ruang pameran
|
3.
MENCOBA/MENGUMPULKAN DATA/INFORMASI
· Bereksperimen dengan
beragam teknik dalam membuat denah ruang pameran
|
4. MENGASOSIASI/MENGANALISIS
DATA/INFORMASI
· Membandingkan prosedur
menggambar denah ruang pameran didalam maupun diluar
ruangan dengan teknik manual dan
digital
|
5. MENGKOMUNIKASIKAN
· Meggambar denah ruang pameran didalam ruangan dengan teknik maual
|
c. Penutup (10menit)
1) Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan
tentang cara menggambar denah ruang pameran
2) Guru bersama-sama peserta didik melakukan
refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3)
Guru
memberikan tugas kelompok mencari gambar
denah ruang pameran baik didalam maupun diluar ruangan untuk pembelajaran
berikutnya.
4) Peserta didik mencatat informasi guru tentang
kegiatan pembelajaran berikutnya
5) Guru membimbing peserta didik berdoa dan
mengucapkan salam
3. Pertemuan Ketiga (3JP)
a. Pendahuluan
(10 menit )
1.
Menyapa
peserta didik, berdoa, dan mengecek kehadiran peserta didik
2.
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang akan dipelajari
3.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.
Menyampaikan
cakupan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b. Kegiatan Inti (100
menit)
1. MENGAMATI
Mengamati gambar denah ruang pameran yang dipresentasikan oleh masing-
masing kelompok
|
2. MENANYA
Menanya tentang bagaimana
pameran yang akan dilaksanakan dengan denah
gambar
yang telah dipresentasikan oleh
masing-masing kelompok.
|
3.
MENCOBA/MENGUMPULKAN DATA/INFORMASI
Bereksperimen dengan beragam teknik dalam membuat gambar denah
ruang
pameran dengan berbagai teknik
|
4.
MENGASOSIASI/MENGANALISIS
DATA/INFORMASI
Membandingkan
prosedur menggambar denah ruang pameran
dengan teknik
manual dan digital
|
5. MENGKOMUNIKASIKAN
Menggambar denah ruang pameran dengan teknik manual
maupun digital
|
c. Penutup (10menit)
1. Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan
tentang praktek melaksanakan pameran
2. Guru bersama-sama peserta didik melakukan
refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3. Guru memberikan tugas rumah untuk pengayaan dan
pembelajaran remedial.
4. Peserta didik mencatat informasi guru tentang
kegiatan pembelajaran berikutnya
5. Guru membimbing peserta didik berdoa dan
mengucapkan salam
E.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian : observasi,
penilaian diri, penilaian antar peserta didik, tes tertulis, tes lisan, tes praktek
2.
Instrumen penilaian dan pedoman
penskoran:
a) Pertemuan pertama
Kompetensi Sikap spiritual
a. Teknik Penilaian : Observasi , penilaian
diri
b. Bentuk Instrumen : Lembar Observasi (lampiran
1A) dan lembar penilaian diri (lampiran 1B)
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Butir nilai(Sikap
Spiritual)
|
Indikator
|
Jml
Butir
|
|
Menerima, menanggapi dan
menghargai keragaman dan keunikan
karya seni rupa modern sebagai bentuk
rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
|
1.1.Bersemangat
dalam mempelajari keragaman dan keunikan karya seni sebagai
bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
|
1
|
|
|
1.2.Mensyukuri
kekayaan alam Indonesia dengan memanfaatkan sebagai sumber ide dalam membuat
gambar ilustrasi
|
1
|
d.
Petunjuk Penghitungan skor : lihat lampiran 1C
Kompetensi
Pengetahuan
a. Teknik
Penilaian : Tes Tertulis
b.Bentuk Instrumen
: Tes Uraian (lampiran 1D)
c.Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Jml
Butir Soal
|
No.
Butir Soal
|
|
Menjelaskan pengertian
pameran
|
1
|
1
|
|
Menyebutkan jenis-jenis
|
2
|
2-3
|
|
Menjelaskan tujuan gambar ilustrasi
|
1
|
4
|
|
Menjelaskan fungsi gambar ilustrasi
|
2
|
5-6
|
|
Menjelaskan karakter obyek gambar ilustrasi
|
2
|
7-8
|
|
Menjelaskan perbedaan teknik menggambar ilustrasi
secara manual dengan digital
|
2
|
9-10
|
d.
Petunjuk (rubrik) penskoran dan penentuan nilai
(lampiran 1E)
b)
pertemuan kedua
Kompetensi
Sikap sosial
e.
Teknik Penilaian : Observasi,
Penilaian Diri
f.
Bentuk Instrumen: Lembar Observasi (lampiran 2A) dan lembar
penilaian diri (lampiran 2B)
g.
Kisi-kisi :
No.
|
Butir Nilai
(Sikap Sosial)
|
Indikator
|
Jumlah
Butir
|
1
|
Kejujuran
|
Tidak menyalin karya orang lain
dalam membuat gambar denah ruang pameran
|
1
|
2
|
Disiplin
|
Membawa perlengkapan belajar yang sesuai dengan materi
menggambar denah ruang pameran
|
1
|
3
|
Tanggung jawab
|
Melaksanakan tugas individu
menggambar denah ruang pameran dengan baik
|
1
|
4
|
Toleransi
|
Tidak melakukan aktifitas yang
mengganggu atau merugikan orang lain ketika menggambar denah ruag pameran
|
1
|
5
|
Peduli
|
Menggunakan contoh gambar/vidio pelaksanaan pameran sebagai
sumber ide dalam menggambar denah ruang pameran
|
1
|
6
|
Percaya diri
|
Berani mempresentasikan karyanya di depan kelas
|
1
|
d. Petunjuk Penghitungan skor (lampiran 2C)
c) Pertemuan ketiga
Kompetensi Keterampilan
a. Teknik Penilaian : Tes Praktik
b. Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian Praktik (lampiran 3A)
c. Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Jml
Butir Soal
|
|
Menggambar
ilustrasi dengan teknik manual
|
1
|
|
Menggambar
ilustrasi dengan teknik digital
|
1
|
d.
Petunjuk Penghitungan Skor (rubrik): Lampiran 3B
e.
E. Media, Alat/Bahan dan Sumber Belajar
1. Media :
a.
Video
teknik menggambar ilustrasi
b.
Contoh-contoh
gambar ilustrasi
c.
Peragaan
dari guru
2. Alat/bahan :
·
LCD
·
Buku
gambar, Pensil, penghapus, krayon
3. Sumber Belajar :
a. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2013). Seni Budaya. Buku Guru.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
halaman ....
b. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2013). Seni Budaya. Buku Siswa.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
halaman ....
c. Guru
d. Internet
Mengetahui,
Kepala SMP …………………..
…………………………………………..
NIP. ……………………………………
|
|
Surakarta, Juli 2014
Guru Mapel Seni Budaya.
…………………………………………
NIP. ………………………………..
|
Terima kasih...
ReplyDeleteSangat bermanfaat...
Terima kasih semoga berkah
ReplyDelete