RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMP Negeri 4 Surakarta
Kelas : VII (tujuh)
Semester : Ganjil
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Rupa)
Alokasi Waktu : 2x 40 menit x
(4 pertemuan)
Topik : Menggambar Ragam Hias
A.
KOMPETENSI INTI
KI 1. Menerima,
Menanggapi dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya
KI 2. Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
KI 4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret menggunakan, mengurai, merangkai,
modifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
1.1 Menerima, menanggapi dan
menghargai
keragaman dan keunikan karya seni rupa
daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
|
1.1.1
Menerima
keragaman dan keunikan karya ragam hias sebagai anugerah Tuhan
1.1.2
Menanggapi
keragaman dan keunikan karya gambar ragam hias benda sebagai anugerah Tuhan
1.1.3
Menghargai
keragaman dan keunikan karya gambar ragam hias benda sebagai anugerah Tuhan
|
2.1
Menunjukkan sikap
menghargai, jujur, disiplin,
melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan
sikap bertanggung
jawab, peduli, santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan
sikap percaya diri ,
motivasi
internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
|
2.1.1
Menghargai
orang lain dalam mengapresiasi dan berkarya gambar ragam hias
2.1.2
Bersikap
jujur dalam mengapresiasi dan berkarya gambar ragam hias
2.1.3
Bersikap
disiplin dalam mengapresiasi dan berkarya gambar ragam hias
|
3.1 Memahami konsep dan prosedur menggamba r ragam hias
|
3.1.1
Mengidentifikasi
unsur-unsur gambar gambar ragam hias
3.1.2
Mengidentifikasi
prosedur berkarya gambar ragam hias
|
4.1 Menggambar ragam hias
|
4.1.1
Menggambar
ragam hias berdasarkan pengamatan objek dengan teknik kering
4.1.2
Menyajikan
gambar ragam hias dalam diskusi di kelas
|
C. Tujuan
Pembelajaran
a.
Kompetensi Sikap Spiritual:
1.1.1.1 Bersemangat dalam
mempelajari keragaman dan keunikan karya gambar ragam hias sebagai anugerah
Tuhan
1.1.2.1 Serius dalam mempelajari
keragaman dan keunikan karya gambar ragam hias sebagai anugerah Tuhan.
2. Kompetensi Sikap Sosial:
2.1.1.1 Tidak menyontek dalam
mengerjakan tes.
2.1.2.1 Mengakui kekurangan yang
dimiliki.
2.1.3.1 Membawa perlengkapan
belajar yang diperlukan dalam pembelajaran seni rupa.
2.1.4.1 Melaksanakan kegiatan
berlatih menggambar secara individu
dengan tertib.
3. Kompetensi Pengetahuan dan
Ketrampilan:
Pertemuan Kesatu
Setelah mengikuti proses pembelajaran
peserta didik dapat:
3.1.1.1 Menjelaskan pengertian
gambar ragam hias ;
3.1.2.1 Mengidentifikasi unsur –
unsur gambar ragam hias;
3.1.2.2 Mengidentifikasi prosedur
berkarya ragam hias;
Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti proses
pembelajaran peserta didik dapat:
4.1.1.1. Bersikap disiplin dalam
menggambar ragam hias;
4.1.1.2 Bersikap disiplin dalam menanggapi karya gambar ragam hias
4.1.1.3 Menggambar
ragam hias berdasarkan pengamatan objek dengan teknik
kering
4.1.1.4 Menyajikan gambar ragam hias atau ormanen dalam
diskusi di kelas
D.
MATERI PELAJARAN
1.
Pengertian ragam
hias
Ragam hias
disebut juga dengan ornamen
Ornamen berasal
dari bahasa yunani “ornare” yang
artinya hiasan atau perhiasan
Ragam hias/
ornamen diperoleh dari stilasi
Stilasi adalah
mengubah,menggayakan, menyederhanakan dari bentuk sesungguhnya menjadi bentuk lain yang diinginkan
2.
Motif ragam hias
Ragam
hias merupakan karya seni rupa yang diambil dari bentuk-bentuk flora (vegetal), fauna (animal), geometris dan figural (manusia)
a. Ragam
hias flora (vegetal)
Ragam hias flora (vegetal) adalah ragam hias yang diambil dari stilasi
tumbuh-tumbuhan
b. Ragam
hias Fauna (animal)
Ragam
hias fauna (animal) merupakan bentuk
gambar motif yang diambil dari hewan tertentu. Beberapa hewan yang biasa
dipakai sebagai objek ragam hias adalah kupu-kupu, burung, kadal, gajah dan
ikan.
c. Ragam
hias geometris
Ragam
hias geometris merupakan motif hias yang dikembangkan dari bentuk-bentuk
geometris dan kemudian digayakan sesuai dengan selera dan imajinasi
pembuatnya.
d. Ragam
hias figuratif
Bentuk
ragam hias figurative berupa objek manusia yang digambar dengan mendapatkan
penggayaan bentuk.
3.
Teknik
menggambar ragam hias
a. Perhatikan
pola bentuk ragam hias yang akan digambar
b. Persiapkan
alat dan media gambar
c. Tentukan
ukuran pola gambar yang akan dibuat
d. Buatlah
sketsa ragam hias yang telah ditentukan
e. Berilah
warna pada ragam hias
E.
METODE PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan
: Pendekatan Scientific
2.
Model
Pembelajaran : Model pembelajaran based projek.
F. MEDIA
,ALAT, DAN SUMBER BELAJAR
Menggambar ragam hias dilakukan dengan
menggunaan media, alat, dan sumber belajar sebagai berikut:
1.
Media : Kertas A3, contoh gambar
ragam hias, LCD
2.
Alat
: Pensil
HB, 2B, dan pensil warna, pastel
3.
Sumber
Belajar : (1)Buku sumber
pembelajaran untuk siswa SMP mata pelajaran Seni Budaya Kurikulum 2013 edisi revisi 2014 Penerbit Kemendikbud,
Jakarta, 2014; (2) Sumber media internet; (3)Sumber media masa (TV, Koran,
majalah, dll); (4) Moment pagelaran dan pameran di lokal maupun nasional; (5)
Kegiatan kesenian di lingkungan setempat, dll.
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan Kesatu
a. Pendahuluan (10 menit )
1) Guru mengucapkan salam dan membimbing peserta
didik berdoa dilanjutkan memeriksa kehadiran peserta didik.
2) Guru menayangkan gambar ragam hias atau
ornamen motif flora (vegetal), Fauna
(animal), manusia ( figural) dan geometris untuk mendorong peserta didik
memberi tanggapan awal tentang isi tayangan video tersebut.
3) Guru melakukan tanya jawab tentang gambar
ragam hias atau ornamen motif flora
(vegetal), Fauna (animal), manusia ( figural) dan geometris
sesuai pengetahuan awal peserta didik.
4) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
cakupan materi.
b. Kegiatan inti (90 menit)
1) Mengamati
Peserta didik menyaksikan gambar
ragam hias atau ornamen motif flora (vegetal), Fauna (animal), manusia ( figural)
dan geometris
2) Menanya
Peserta didik merumuskan
pertanyaan-pertanyaan terkait gambar ragam hias atau ornamen motif flora
(vegetal), Fauna (animal), manusia ( figural) dan geometris misalnya: Apa yang
dimaksud motif vegetal ? Apa yang dimaksud motif animal
? Apa yang dimaksud motif figural ? Apa yang dimaksud motif geometris ?
3) Mencoba/Mengumpulkan Data/Informasi
Peserta didik membaca Buku Siswa dan
sumber-sumber yang lain untuk menemukan pengertian gambar ragam hias atau
ornamen motif flora (vegetal), Fauna (animal), manusia ( figural) dan geometris
4) Mengasosiasi/Menganalisis Data/Informasi
Peserta didik mengumpulkan data yang
diperoleh melalui membaca dan diskusi kelompok untuk menjawab
pertanyaan-pertanyaan.
5) Mengkomunikasikan
Peserta didik mempresentasikan
jawaban-jawaban dari pertanyaan-pertanyaan terkait gambar ragam hias atau
ornamen motif flora (vegetal), Fauna (animal), manusia ( figural) dan geometris
di depan kelas secara kelompok dan kelompok lain menanggapi
c. Penutup (20 menit)
1)
Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan pengertian gambar ragam hias atau
ornamen motif flora (vegetal), Fauna (animal), manusia ( figural) dan geometris.
2)
Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil
pembelajaran yang telah dicapai.
3)
Guru memberikan tugas rumah berlatih menggambar ragam hias atau ornamen motif
flora (vegetal), Fauna (animal), manusia ( figural) dan geometris
4)
Peserta didik mencatat informasi guru tentang kegiatan pembelajaran berikutnya.
5)
Guru membimbing peserta didik berdoa dan mengucapkan salam.
2. Pertemuan Kedua
a. Pendahuluan (10 menit )
1)
Guru mengucapkan salam dan membimbing peserta didik berdoa dilanjutkan
memeriksa kehadiran peserta didik.
2) Guru
menayangkan video gambar ragam hias atau ornamen motif flora (vegetal), Fauna (animal), manusia
( figural) dan geometris ( dengan ragam hias yang berbeda dengan pertemuan
kesatu) untuk mendorong peserta didik memberi tanggapan tentang isi tayangan video
tersebut.
3)
Guru melakukan tanya jawab tentang gambar ragam hias atau ornamen motif flora (vegetal), Fauna (animal), manusia
( figural) dan geometris
4)
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi.
b. Kegiatan inti (100 menit)
1) Mengamati
a)
Peserta didik menyaksikan video gambar ragam hias atau ornamen motif flora (vegetal), Fauna (animal), manusia
( figural) dan geometris.
b)
Peserta didik menyaksikan guru yang memeragakan menggambar motif ragam hias di
papan tulis.
2) Menanya
Peserta didik merumuskan
pertanyaan-pertanyaan terkait gambar ragam hias atau ornamen motif flora
(vegetal), Fauna (animal), manusia ( figural) dan geometris misalnya: Apa yang
dimaksud motif vegetal ? Apa yang dimaksud motif animal
? Apa yang dimaksud motif figural ? Apa yang dimaksud motif geometris ?
3) Mencoba/Mengumpulkan Data/Informasi
a)
Peserta didik berlatih menggambar ragam hias dengan motif Flora /Vegetal
b)
Peserta didik berlatih menggambar ragam hias dengan motif Fauna/Animal
c)
Peserta didik berlatih menggambar ragam hias dengan motif figural /manusia
d)
Peserta didik berlatih menggambar ragam hias dengan motif geometris
e)
Peserta didik berlatih menggambar ragam hias atau ornamen motif flora
(vegetal),
Fauna (animal), manusia ( figural) dan
geometris dengan teknik kering.
f) Peserta
didik berlatih menggambar ragam hias atau ornamen motif flora (vegetal),
Fauna (animal), manusia ( figural) dan
geometris dengan teknik basah.
4) Mengasosiasi/Menganalisis Data/Informasi
Peserta
didik mengumpulkan data yang diperoleh dari praktik menggambar ragam hias atau
ornamen motif flora (vegetal), Fauna (animal), manusia ( figural) dan geometris
untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan.
5) Mengkomunikasikan
Peserta didik menunjukkan gambar ragam
hias hasik praktek di kelas dan diapresiasi oleh teman-teman sekelas.
c. Penutup (10 menit)
1) Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan
tentang praktik menggambar ragam hias
atau ornamen motif flora (vegetal), Fauna (animal), manusia ( figural) dan
geometris.
2) Guru bersama-sama peserta didik melakukan
refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3) Guru memberikan tugas rumah untuk pengayaan
dan pembelajaran remedial.
4) Peserta didik mencatat informasi guru tentang
kegiatan pembelajaran berikutnya.
5) Guru membimbing peserta didik berdoa dan
mengucapkan salam.
H. Penilaian
1.
Kompetensi Sikap Spiritual
a.
Teknik Penilaian : Observasi
b.
Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
c. Kisi-Kisi :
No
|
Butir Nilai
(Sikap Spiritual)
|
Indikator
|
Jumlah Butir
|
1.
|
Mensyukuri keragaman dan keunikan seni ragam hias di Indonesia.
|
Bersemangat dalam mempelajari keragaman dan keunikan ragam hias
di Indonesia sebagai anugerah Tuhan.
|
1
|
Serius dalam mempelajari keragaman dan keunikan seni ragam hias di Indonesia sebagai anugerah Tuhan.
|
1
|
2.
Kompetensi Sikap Sosial
a.
Teknik Penilaian : Observasi
b.
Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
c.
Kisi-Kisi :
No
|
Butir Nilai
(Sikap Sosial)
|
Indikator
|
Jumlah Butir
|
1.
|
Kejujuran
|
Tidak
menyontek dalam mengerjakan tes.
|
1
|
Mengakui kekurangan yang dimiliki.
|
1
|
||
2.
|
Kedisiplinan
|
Membawa perlengkapan belajar yang diperlukan dalam pembelajaran
seni rupa.
|
1
|
Melaksanakan kegiatan berlatih menggambar ragam hias secara individu dengan tertib.
|
1
|
3. Kompetensi Pengetahuan
a. Teknik Penilaian : Tes Tertulis
b. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
c.
Kisi-Kisi :
No
|
Indikator
|
Jumlah
Butir Soal
|
Nomor
Butir Soal
|
1.
|
Mengidentifikasi unsur- unsur gambar ragam hias
|
4
|
1-4
|
2.
|
Mengidentifikasi prosedur dan teknik menggambar
ragam hias dengan benar
|
6
|
5-10
|
1.
Pengetahuan
a. Teknik Penilaian :
Tes Objektif
b. Bentuk
Instrumen : Tes
isian singkat
c. Kisi-kisi :
Instrumen Penilaian Pengetahuan
Nama : ______________________________
Kelas : ______________________________
Soal :
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban singkat!
1.
Objek
… berupa ragam hias tumbuh-tumbuhan.
2.
Objek
… berupa ragam
hias binatang.
3.
Objek
… berupa ragam
hias geometris.
4.
Susunan
atau letak objek-objek dalam karya gambar disebut ….
5.
Perbandingan
antara satu bagian dengan bagian lain pada bentuk suatu objek disebut ….
6.
Penampakan
benda dari sudut pandang orang yang menggambar disebut ….
7.
Pensil,
pensil warna, bolpoin, dan krayon merupakan bahan teknik ….
8.
Cat
air dan cat poster merupakan bahan teknik ….
9.
Tahap
awal menggambar objek objek secara bagan disebut ….
10.
Membuat
kesan gelap-terang dengan teknik kering pada gambar disebut teknik ….
Kunci Jawaban :
1.
flora
2.
Fauna
3.
garis
4.
Komposisi
5.
Proporsi
|
6.
Perspektif
7.
Kering
8.
Basah
9.
Melakar
10.
Arsir
|
4. Kompetensi
Keterampilan
a. Teknik Penilaian : Tes praktik
b. Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian Praktik
c. Kisi-kisi :
No
|
Indikator
|
Jumlah Butir
|
1.
|
Ide / gagasan
|
1
|
2.
|
Kreativitas
|
1
|
3.
|
Teknik
|
1
|
4.
|
Bentuk
|
1
|
Surakarta,
November 2015
Mengetahui, Guru
Mata pelajaran
SMP Negeri 4
Surakarta Seni
Budaya
Endang
Mangularsih, S.Pd.,MM.,M.Pd Riyadi, S.Pd.
NIP : 19590308
197903 2003 NIP
19660714 200801 005
Bolehkah di download....?
ReplyDeletePlease.....
Makasih.....
ReplyDelete